Minggu, 25 Oktober 2020, 18:34

Gali Potensi Pegawai: PKUB Laksanakan Kegiatan Capacity Building SDM Kerukunan

Kepala PKUB (tengah) saat memaparkan materi

JAWA BARAT (PKUB)---Capacity Building atau Pengembangan Kapasitas adalah kegiatan pembelajaran bagi pegawai yang dilakukan oleh sebuah instansi yang dirangkai melalui aktifitas- aktifitas yang menarik. Kegiatan dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan seseorang atau suatu kelompok kerja untuk mencapai tujuan atau target yang dicita-citakan. Capacity Building juga mendorong individu untuk bisa memperkuat penyesuaian individu dan suatu kelompok kerja untuk bisa tanggap dalam penyesuaian dan adaptasi terhadap suatu lingkungan.

Bertempat di Jayagiri Resort Lembang Kabupaten Bandung Jawa Barat, Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Sekretariat Jenderal Kementerian Agama melaksanakan Kegiatan Capacity Building SDM Kerukunan selama 3 hari mulai tanggal 21 s.d 23 Oktober 2020 dengan melibatkan 40 (empat puluh) orang peserta dari PKUB dan 9 (sembilan) orang peserta dari Pengawas Pendidikan Agama Islam, Guru Pendidikan Agama Islam, Ketua MGMP Jawa Barat serta Ketua Pokjawas Nasional. Kegiatan ini mewajibkan semua yang terlibat didalamnya mengikuti protokol kesehatan yang berlaku yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak minimal satu meter.

PKUB memandang pentingnya kegiatan ini dilaksanakan mengingat tugas pekerjaan di bidang penguatan kerukunan umat beragama begitu dinamis dan penuh tantangan. Oleh karena itu kegiatan Capacity Building diharapkan dapat membentuk SDM yang kuat bersemangat dengan motivasi kerja yang tinggi serta dapat bersinergi dan meningkatkan gairah bekerja saat kembali ke tempat kerja.

Jenis kegiatan yang dilaksanakan diantaranya training oleh instruktur (trainer) dengan materi terkait perlunya sinergi yang harmonis antar pegawai di lingkup pekerjaan, khususnya untuk pegawai PKUB. Di sini, masing-masing peserta diminta untuk bisa menuangkan ide serta kreatifitasnya dengan membuat sebuah prakarya dengan waktu, bahan dan alat yang terbatas. Kegiatan selanjutnya dilakukan di luar ruangan (outdoor), uji kekompakan dan ketangkasan dilakukan pada kegiatan ini dengan melakukan fun gaming dengan didampingi trainer, kesimpulan kegiatan ini adalah bekerja bukan hanya terkait penyelesaian tuntas, melainkan perlu adanya konsentrasi yang kuat, perlu percaya diri individu yang kuat, serta strategi yang matang untuk bisa menyelesaikan semua pekerjaan yang ada.

Kegiatan selanjutnya sangat menantang adrenalin peserta. Selain keindahan alam dan udaranya yang sejuk, kawasan wisata Cikole dikenal juga sebagai salah satu destinasi Fun Offroad yang cukup menantang dan sangat memacu adrenalin. Di kawasan ini selanjutnya para peserta (Offroader) dibawa pimpinan Kepala PKUB akan melalui jalur sepanjang 18 Kilometer dengan kondisi medan terjal, curam dan sempit yang menuju ke kawasan Bunker Belanda, Gunung Putri Lembang. Sensasi gocangan mengendarai Land Rover (Landy) selama 2 sampai 3 jam akan terasa lebih menyenangkan dengan panorama keindahan alam berupa pepohonan rindang dan pegunungan.

Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Sekretariat Jenderal Kementerian Agama Nifasri, saat menutup kegiatan Capacity Building ini mengingatkan bahwa kegiatan dimaksud diharapkan dapat berimplikasi pada peningkatan kinerja seluruh jajaran PKUB, mengingat tugas dan tanggung jawab yang besar terkait program kerukunan umat beragama masih banyak yang harus dilaksanakan.

"Kita punya nilai 5 (lima) budaya kerja yang harus kita amalkan pada masing-masing pekerjaan yang kita miliki yaitu integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab dan keteladanan. Hal ini sudah kita miliki, namun perlu tingkatkan lagi ke depan. Tugas kita masih banyak maka diharapkan kita semua bisa saling mendukung dan menyukseskan seluruh kegiatan yang bisa kita laksanakan,"pinta Kapus.

Kasubbag TU PKUB yang juga sebagai Ketua Panitia Desmon Andrian, menyampaikan terima kasih khusus kepada Kepala PKUB yang mendorong dan mendukung penuh kegiatan ini sehingga dapat terlaksana dengan baik. Hal yang sama juga disampaikannya kepada para Kabid, Kasubbid dan panitia pelaksana.

"Atas nama panitia saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang sebesar besarnya kepada semua pihak yang mendukung terlaksananya kegiatan ini terlebih khusus Bapak Kapus, dan pejabat serta panitia. Kami mohon maaf atas kelemahan, kekurangan dan pelayanan selama pelaksanaan kegiatan ini, harapan di kemudian hari penyelenggaraan kegiatan yang sama akan lebih baik lagi. Semoga dengan kegiatanini SDM PKUB dapat lebih kuat bersemangat dan termotivasi dalam bekerja dan bersinergi baik intern maupun antar instansi terkait," tutupnya. (VIK/VAN/DA)