Minggu, 6 September 2020, 21:55

Menag Launching Program Kita Cinta Papua di Hadapan Tokoh Agama dan Tokoh Adat Papua

Menag saat memberi pengarahan dalam kegiatan tatap muka dengan tokoh agama dan tokoh adat Papua

Papua (PKUB) -- Bertempat di Swiss-Belhotel Jayapura, Menteri Agama RI Fachrul Razi, melaunching program Kita Cinta Papua (KCP) pada kegiatan Tatap Muka Menteri Agama dengan Tokoh Agama dan Tokoh Adat di Papua (03/09)

Pada acara itu Menag langsung memberikan bantuan kepada lembaga keagamaan, lembaga pendidikan, beasiswa dan pengharaan kepada pemda yang peduli kerukunan umat beragama, hal ini dilakukan dalam rangka implementasi program KCP.

Dijelaskan Menag, pada program KCP tahun 2020, Kemenag menyiapkan anggaran sebesar 65 miliar untuk membantu memajukan pendidikan keagamaan dan lembaga keagamaan di Papua dan Papua Barat.

"Kami memulainya dengan sesuatu yang nyata dan akan berlanjut di masa mendatang. Mulai hari ini, kita berangkatkan 253 mahasiswa Papua untuk mengenyam pendidikan di enam Institut Agama Kristen Negeri di luar Papua. Saya pesan kepada 253 orang anak agar betul-betul belajar yang baik, karena nanti program ini akan berlanjut, jangan sampai tahun depan ada yang masuk lagi mereka masih pada tingkat yang sama, ujarnya.

Usai kegiatan launching Menag dan rombongan melanjutkan lawatannya pada peletakan batu pertama pembangunan gedung layanan Kerukunan Umat Beragama (KUB) dan monumen Zona Integritas KUB. Kegiatan ini berlangsung di Kantor Kemenag Kabupaten Jayapura. Gedung layanan KUB dibangun berdekatan dengan Kankemenag Kabupaten Jayapura, sedangkan Monumen Zona Integritas KUB akan dibangun di kawasan Bandara Sentani Jayapura.

Menag pun berharap peletakan batu pertama dan pencanangan pembangunan Gedung Layanan KUB dan Monumen Zona integritas KUB di Papua bukan sekadar simbol.

"Monumen yang akan dibangun nanti bukanlah sebuah simbol melainkan pendorong kerukunan umat beragama di Papua. Hanya dengan kerukunan, Indonesia dan Papua akan maju," tandas Menag.

Senada dengan Menag, Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Sekretariat Jenderal Kementerian Agama Nifasri, merinci fokus program KPC.

"Program KCP ini difokuskan pada 3 bidang yaitu 1. Bidang agama yang meliputi pemberian bantuan bidang keagamaan di Papua dan Papua Barat, bantuan rumah ibadat, lembaga keagamaan, penyuluh agama, dan lain-lain; 2. Bidang pendidikan agama dan pendidikan keagamaan yg meliputi bantuan lembaga pendidikan keagamaan swasta, pendirian sekolah keagamaan negeri termasuk PTKN, peningkatan status sekolah/perguruan tinggi, beasiswa bagi siswa, dosen dan tenaga kependidikan; 3. Bidang KUB meliputi pemberdayaan FKUB, tokoh agama, bantuan pembangunan gedung layanan KUB di Papua dan Papua Barat, tugu kerukunan, berbagai kegiatan tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, pemuda dan lembaga perempuan untuk mewujudkan dan membangun jembatan kerukunan dan kesetiakawanan dari Papua sampai ke Aceh," pungkas Kapus. (van)