Jumat, 6 Desember 2019, 15:25

Kunjungi Kantor PKUB, FKUB Sijunjung Sampaikan Program Kerukunan

Suasana diskusi saat FKUB Sijunjung berkunjung ke Kantor PKUB di Jakarta pada Jum'at (06/12) Foto: Ubaidillah Fajri/PKUB

Jakarta, PKUB -Dalam rangka konsultasi dan koordinasi program kerukunan umat beragama terkait penggunaan dana bantuan,Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat melakukan kunjungan ke Kantor Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) hari ini, Jum'at (06/12/2019). Rombongan FKUB Sijunjung dipimpin oleh Ketua FKUB Ruhil Kudus dan didampingi Kepala Seksi Kesbangpol Kabupaten Sijunjung Afri Dewi. Mereka diterima langsung oleh PKUB Dr. H. Nifasri, M.Pd didampingi oleh Kepala Bidang Bina Lembaga Kerukunan Agama dan Lembaga Keagamaan H.Aliefosra Nur, S.H.,M.M. dan Kepala Sub Bidang FKUB Muhammad Diansyah, S.Pd, M.M.

Dalam kesempatan tersebut Nifasri mengatakan bahwa FKUB adalah forum yang dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi oleh Pemerintah (Pemda) dalam rangka membangun, memelihara, dan memberdayakan umat beragama.

"FKUB adalah suatu forum yang cuma ada di Indonesia, tidak ada di negara lain di dunia. Akan tetapi perhatian pemda terhadap FKUB masih dirasa kurang di banyak daerah, sehingga masih banyak FKUB di Kabupaten/Kota yang belum mendapat bantuan dari pemda", ujar sosok yang juga berasal dari Sumatera Barat tersebut.

Dalam kesempatan tersebut beliau menginformasikan bahwa PKUB pada tahun anggaran 2019 telah memberikan bantuan operasional sebesar Rp. 60.000.000,- (Enam puluh juta rupiah) untuk Provinsi, dan Rp. 50.000.000.- (Lima puluh juta rupiah) untuk Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. Beliau juga menginformasikan bahwa masih akan menyalurkan bantuan operasional pada tahun yang akan datang.

Ketua FKUB Kabupaten Sijunjung Bapak Ruhil Kudus menyampaikan bahwa keadaan kerukunan umat beragama di daerahnya aman dan kondusif. Dalam kunjungannya beliau memaparkan sejumlah kegiatan FKUB Kabupaten Sijunjung selama tahun 2019. Salah satunyakegiatan dialog dengan para penyuluh agama Islam, Kesbangpol, Kementerian Agama Kabupaten Sijunjung dan Polres Sijunjung terkait dengan kerukunan umat beragama.

Dalam kesempatan yang sama Ibu Afri Dewi, selaku salah satu Kepala Seksi pada Badan Kesbangpol Kabupaten Sijunjung mengatakan bahwa Kesbangpol Kabupaten Sijunjung selain memberikan dukungan anggaran sebesar Rp. 53.000.000.- (lima puluh tiga juta rupiah) serta bekerjasama dan turut membantu memfasilitasi kegiatan-kegiatan kerukunan umat beragama bersama pengurus FKUB Kabupaten Sijunjung.

Ermizaldi anggota pengurus FKUB Kabupaten Sijunjung, mengharapkan pembungunan Kantor Sekretariat Bersama FKUB Kabupaten Sijunjung dapat dibangun didaerahnya. Menanggapi hal tersebut, Nifasri menjelaskan bahwa pembangunan kantor FKUB untuk saat ini belum dapat direalisasikan karena terkait dengan adanya Peraturan Presiden tentang Moratorium Pembangunan Gedung Kantor Sekber sejak tahun 2015.

Penulis: Hamdan Yuafi

Sumber:Muhammad Diansyah (Kepala Sub Bidang Forum Kerukunan Umat Beragama)

---------------------------------------

Pusat Kerukunan Umat Beragama

Gedung Kementerian Agama Lt. 5

Jl. MH. Thamrin No. 6 Jakarta Pusat

Telp: (021) 3149689

Twittter: @PKUB_KemenagRI

Instagram: @PKUB.KemenagRI