Rabu, 13 November 2019, 15:49

Kunjungi Kemenag, FKUB Bangka Belitung Mohon Dukungan Konfernas ke-VII FKUB

Suasana diskusi saat FKUB Bangka Belitung berkunjung ke Kantor Kementerian Agama hari ini (13/11). Foto: Hamdan/PKUB

JAKARTA, PKUB Pada tahun 2021 yang akan datang, Provinsi Bangka Belitung dipercaya sebagai tuan rumah perhelatan besar Konferensi Nasional (Konfernas) ke VII Asosiasi Forum Kerukunan Umat Beragama (Asosiasi FKUB). Dalam kesempatan tersebut akan dipilih Ketua Asosiasi yang sampai saat ini masih dijabat oleh Ida Penglingsir Agung Putra Sukahet dari Bali.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua FKUB Provinsi Bangka Belitung, dr. Subuh Wibisono saat mendampingi rombongan FKUB Provinsi Bangka Belitung ketika berkunjung ke Kantor Kementerian Agama hari ini, Rabu (13/11/2019).

Kaitannya dengan hal itu, beliau menyampaikan permohonan dukungan dari Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) untuk dapat membantu mendukung jalannya kegiatan Konfernas Asosiasi FKUB ke-VII dalam bentuk kehadiran Presiden dan Menteri Agama.

Rombongan yang berjumlah 60 orang tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bangka Belitung, Dr. HM Ridwan. Dalam sambutannya beliau menekankan kondisi kerukunan umat beragama di Provinsi Bangka Belitung. Terkait dengan rencana diadakanya Konfernasl ke- VII FKUB di Bangka Belitung, pihaknya akan mendukung secara maksimal.

Seluruh rombongan diterima dengan hangat oleh pihak Kementerian Agama. Hadir menerima para rombongan adalah Kepala Pusat Pembinaan dan Pendidikan Konghucu, Drs. M. Mudhofir, M.Si.dan juga Kepala Sub Bidang Lembaga Keagamaan, Dr. Waryani Fajar Riyanto, M.Ag. yang dalam hal ini hadir mewakili Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama.

Dalam penjelasannya Mudhofir menekankan pentingnya membangun kesatuan umat beragama di Indonesia ini. Menurutnya sangat penting membangun sebuah kesadaran Diversity is Reality, Harmony is Necessity yang berarti Keragaman adalah Fakta, Kerukunan adalah Kebutuhan.

Dilain sisi, Fajar yang hadir mewakili Kepala PKUB, menyambut baik rencana akan dilaksanakannya Konfernasal ke-VII di Bangka Belitung. Pihaknya akan segera menyampaikan hal tersebut kepada pimpinan untuk ditindak lanjuti.

Lebih jauh lagi, Fajar meminta FKUB di Bangka Belitung agar meningkatkan sosialisasi diri melalui peningkatan pemberitaan-pemberitaan di media, baik lokal maupun nasional. Menurutnya hal itu sangat penting mengingat akan segera dilaksanakannya pemberian penghargaan Harmony Award bagi FKUB dengan kinerja terbaik di Indonesia.

Penulis: Hamdan Yuafi

Telah dikoreksioleh: Desmon Andrian (Kepala Sub Bagian Tata Usaha pada PKUB)

---------------------------------------

Pusat Kerukunan Umat Beragama

Gedung Kementerian Agama Lt. 5

Jl. MH. Thamrin No. 6 Jakarta Pusat

Telp: (021) 3149689

Twittter: @PKUB_KemenagRI

Instagram: @PKUB.KemenagRI