Rabu, 6 November 2019, 12:26

Kepala PKUB: Sejatinya Semua Agama Mengajarkan Kebaikan

Kepala PKUB saat meberikan pengarahan dalam Kegiatan Workshop di Semarang, kemarin (6/11/2019). Foto: Romi/PKUB

SEMARANG, PKUB Sebagai umat beragama, kita semua harus kembali kepada ajaran agama yang sebenarnya. Yaitu ajaran agama yang mengajarkan kebaikan. Karena sejatinya, semua ajaran agama itu mengajarkan kebaikan. Sehingga jika kita mempelajari agama secara komperhensif maka tidak akan terjadi konflik, baik pada ranah internal agama, antar agama ataupun konflik antara umat beragama dan pemerintah.

Lebih jauh lagi, konflik keagamaan saat ini sudah bukan lagi sebuah isu nasional semata. Akan tetapi merupakan isu yang bersifat global. Hal itu karena salah satu faktor penentu kerukunan umat beragama adalah munculnya konflik yang meluas dari negara tetangga. Sebagai contoh apa yang saat ini terjadi di negara-negara timur tengah.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Dr. H Nifasri, M.Pd. dalam pembukaan kegiatan Workshop Deteksi Dini Isu Kerukunan dan Konflik Keagamaan di Semarang kemarin, Selasa (5/11/2019).

Beliau berharap pertemuan ini bisa menambah wawasan para tokoh agama terutama tentang deteksi dini isu-isu kerukunan dan konflik keagamaan khususnya di Jawa Tengah.

Selanjutnya, menurutnya peran dalam menjaga kerukunan tidak bisa dilakukan oleh Penerintah semata, perlu dukungan dari semua elemen masyarakat

Oleh sebab itu kami di PKUB selalu berupaya menyelenggarakan kegiatan seperti ini agar para tokoh agama memiliki wawasan terhadap strategi deteksi dini konflik keagamaan ujarnya.

Dalam kegiatan yang diikuti oleh perwakilan tokoh agama, tokoh masyarakat dan Pengurus FKUB dari Provinsi dan Kabupaten/Kota di Jawa Tengah tersebut, hadir juga memberikan sambutan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Fajar Adhy Nugroho, S.Sos., M.Si.

Beliau menyampaikan selamat datang kepada Kepala PKUB beserta jajaranya dan meyampaikan terima kasih sudah memberikan ruang silaturahmi bagi tokoh lintas agama di Jawa Tengah.

Pemilihan Jawa Tengah sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan ini, bukan karena banyaknya konflik di Jawa Tengah. Melainkan sebaliknya, karena Jawa Tengah memiliki wilayah yang luas dan masyarakatnya yang majemuk ditambah keadaannya yang rukun, tambahnya..

Berdasarkan keterangan dari Ketua Panitia kegitan ini, Dr. Waryani Fajar Riyanto, M.Ag kegiatan ini masih akan berlangsung hingga Jumat (8/11/2019) esok dan akan melibatkan narasumber yang kompeten. Diantaranya adalah Sekretaris Jenderal Kementerian Agama dan Tim Dialogue Centre dari UIN Sunan Kalijaga.

Penulis:Hamdan Yuafi

Telah dikoreksi oleh: Muhammad Diansyah, MM (Kepala Sub Bidang Forum Kerukunan Umat Beragamapada PKUB)

Disetujui oleh: Nifasri (Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama)

---------------------------------------

Pusat Kerukunan Umat Beragama

Gedung Kementerian Agama Lt. 5

Jl. MH. Thamrin No. 6 Jakarta Pusat

Telp: (021) 3149689

Twittter:@PKUB_KemenagRI

Instagram:@PKUB.KemenagRI