Selasa, 20 Agustus 2019, 11:29

Strategi Pencegahan Paham Radikal, Belajar Dengan Tokoh Agama Yang Moderat

Desmon Andrian dari PKUB (tengah baris ketiga) saat berfoto bersama dengan peserta kegiatan di Batam hari ini, Selasa (20/08/2019). Foto: Hamdan/PKUB

BATAM, PKUBPaham radikal sekarang ini sudah menjalar hingga perguruan tinggi. Data terakhir dari Kementerian Pertahanan menyebutkan bahwa pihaknya telah mengeluarkan beberapa mahasiswa dari Universitas Pertahanan karena terindikasi radikal (Kompas, 7/8/2019). Hal ini pula yang mendasari diselenggarakanya kegiatan Peningkatan Pemahaman Deradikalisasi dan Counter Radikalisasi bagi Pelajar dan Mahasiswa di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), hari ini Selasa (20/8/2019).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Kepulauan Riau melalui Sub Bagian Hukum dan Kerukunan Umat Beragama (HKUB). Puluhan peserta hadir sebagai delegasi dari seluruh kabupaten/kota di Kepri. Sementara untuk narasumber, panitia pelaksana mendatangkan pembicara dari daerah dan juga dari pusat.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Golden Bay Batam ini, hadir pembicara dari Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Kementerian Agama RI yaitu Desmon Andrian.

Desmon menyampaikan bahwa cara untuk membentengi kita dari paham radikal adalah selalu menjalin komunikasi yang baik dengan tokoh agama yang moderat. Komunikasi tersebut dapat dilakukan dalam bentuk forum dialog atau forum belajar.

Biar tidak jadi radikal adik-adik harus dekat dengan tokoh agama yang moderat, contoh yang Muslim kepada Kiai, yang Kristen kepada Pendeta, Katolik kepada Romo, jelasnya

Diujung peyampaiannya, dia tak lupa mengajak kepada seluruh pelajar dan mahasiswa untuk menjaga kerukunan dan menjauhi paham-paham yang cenderung mengarah kepada sikap radikal.

Saya mengajak adik-adik pelajar dan mahasiswa untuk selalu menjaga kerukunan lintas agama, kita sebagai generasi muda juga harus menghindari paham radikal, ujarnya.

Kegiatan ini sudah berlangsung dari kemarin, Senin (19/08/2019) yangdibuka oleh Kepala Kanwil Kemenag Kepri, Mukhlisuddin. Dan kegiatan iniakan masih berlangsung hingga esok, Rabu (21/08/2019).

Penulis: Hamdan Yuafi

Disetujui oleh: Nifasri (Kepala PKUB)

---------------------------------------

Pusat Kerukunan Umat Beragama

Gedung Kementerian Agama Lt. 5

Jl. MH. Thamrin No. 6 Jakarta Pusat

Telp: (021) 3149689

Twittter:@PKUB_KemenagRI

Instagram:@PKUB.KemenagRI