Senin, 12 Agustus 2019, 10:17

Sambut Peserta IIS dari Uni Eropa, Kepala PKUB Ajak Terapkan Moderasi Beragama di Eropa

Kepala PKUB (depan berbaju putih) saat memberikan sambutan dihadapan peserta IIS 2019. Foto: Ade/PKUB

JAKARTA, PKUB---Mempromosikan moderasi beragama sangatlah penting. Tidak hanya dikancah nasional akan tetapi juga harus menyentuh kancah internasional. Hal ini mengingat bahwa masih banyak negara yang menjadikan agama sebagai komoditas politik. Sebagai contoh di negara-negara timur tengah yang saat ini tengah dilanda konflik berkepanjangan. Oleh karenanya pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama senantiasa menggaungkan moderasi beragama baik dalam kancah nasional maupun kancah internasional.

Hal itu pula yang mendorong Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) menyelenggarakan kegiatan Indonesian Interfaith Scholarship (IIS) pada tahun 2019 ini. Kegiatan ini melibatkan 14 (emapt belas) peserta yang berasal dari negara-negara uni eropa, yaitu Italia, Inggris, Belgia dan Perancis. Rangkaian kegiatan ini akan dilaksanakan hingga Minggu (18/8) mendatang. Dalam kesempatan ini peserta akan diajak untuk mengunjungi berbagai rumah ibadah, situs-situs keagamaan di Indonesia serta berinteraksi langsung dengan tokoh agama dan akademia perguruan tinggi. Berbagai kota yang akan menjadi tempat kunjungan adalah Jakarta, Yogyakarta dan Bali.

Rangkaian kegiatan ini dibuka dengan sesi dialog dengan jajaran pimpinan di PKUB pada hari ini, Senin (12/8) di Ruang Rapat Lantai 3 Kantor Kementerian Agama RI. Dalam pembukaan ini Kepala PKUB Nifasri. Beliau menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada seluruh peserta yang berkesempatan mengikuti kegiatan ini.

"Kami senang dan merasa bangga atas kehadiran peserta IIS pada penyelenggaraan tahun ini, Kami juga mengucapkan selamat kepada saudara terlah terpilih untuk mengikuti program ini. Semoga anda merasa nyaman dan aman berada di Indonesia. Sebagai gambaran singkat, Indonesia adalah negara dengan mayoritas beragama Islam akan tetapi memiliki keberagaman agama, suku dan etnis yang dipeluk oleh masyarakatnya", tuturnya.

Dalam kesempatan ini beliau juga menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu untuk mempromosikan moderasi beragama di kancah internasional. Yang mana moderasi beragama ini senantiasa digaungkan Kementerian Agama dalam membangun masyarakat Indonesia yang toleran dan damai. Beliau berharap semoga pandangan beragama seperti ini juga dapat diterapkan di negara-negara lain, khususnya di uni eropa.

Diujung sambutannya, Nifasri juga mengajak seluruh peserta untuk tidak bosan kembali ke Indonesia dikemudian hari.

"Tidak hanya keberagaman masyarakatnya, Indonesia juga memiliki beragam destinasi wisata, saya berharap kalian tidak bosan dan dapat berkunjung lagi ke Indonesia diwaktu yang akan datang", ajaknya.

Penulis: Hamdan Yuafi

Editor: Nifasri (Kepala PKUB)

---------------------------------------

Pusat Kerukunan Umat Beragama

Gedung Kementerian Agama Lt. 5

Jl. MH. Thamrin No. 6 Jakarta Pusat

Telp: (021) 3149689

Twittter:@PKUB_KemenagRI

Instagram:@PKUB.KemenagRI