Rabu, 31 Juli 2019, 12:06

Dialog Lintas Agama Cimahi, Kepala PKUB: Jangan Biarkan FKUB Tidak Diberdayakan

Kepala PKUB Nifasri (berdiri) saat memberikan materi dalam kegiatan Dialog Lintas Agama di Kota Cimahi hari ini, Rabu (31/7). Foto: Alimuddin/PKUB

CIMAHI, PKUBPusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) hari ini, Rabu (31/7/2019) menyelenggarakan kegiatan Dialog Lintas Agama terkait pemeliharaan dan penguatan kerukunan umat beragama di Kota Cimahi Jawa Barat. Kegiatan ini dihariri 40 tokoh lintas agama dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Kota Cimahi. Hadir memberikan materi dalam kegiatan ini Kepala PKUB dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cimahi.

Sambutan panitia disampaikan oleh Jamaluddin selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kota Cimahi. Beliau menyampaikan bahwa Kota Cimahi kecil padat tapi kondusif dan rukun. Dan salah satu pilot proyek desa kerukunan di Indonesia terletak di kota Cimahi yaitu di kelurahan Karang Mekar.

Dalam rangka menyambut seluruh peserta dan rombongan panitia dari Jakarta, hadir memberikan sambutan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cimahi Munawir. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan terkait demografis keberagaman di Kota Cimahi.

Cimahi ini kota kecil tapi insyaallah miniatur Indonesia ada disini, komposisi agama disini lengkap ditambah satu masyarakat adat Cireundeu, ujarnya.

Akan tetapi beliau agak menyayangkan terkait kepedulian Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi yang masih kurang terhadap penguatan kerukunan di kota ini. Hal tersebut terlihat dari sumber dana bantuan operasional kepada Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang masih hanya berasal dari Kementerian Agama semata belum ada dari Pemkot Cimahi.

Belum ada kucuran dana dari Pemkot Cimahi, tegasnya.


Acara ini dibuka oleh Kepala PKUB) Nifasri. Dalam kesempatan ini beliau mengajak seluruh peserta untuk turut menyumbangkan ide dan gagasan sebagai bahan pengambilan kebijakan di Kementerian Agama.

Kedepannya kita akan menyelenggarakan kegiatan yang sifatnya nasional dan internasional, sehingga kerukunan di Indonesia ini dapat menjadi cerminan dunia, hal itu tidak lepas dari sumbangan ide tokoh agama semua demikian beliau menjelaskan.

Pada akhir penaparan beliau juga menyinggung terkait evaluasi kegiatan Dialog Lintas Agama ini. Perlu kedepan kita melibatkan tokoh adat dalam setiap kegiatan Kementerian Agama. Apalagi tadi saya mendengar disini ada masyarakat adat Cireudeu, dengan melibatkan tokoh adat maka akan semakin masif pesanmoderasi beragama, dengan sikap moderat seperti itu dengan sendirinya kerukunan akan terjaga, demikian sosok kelahiran Mahat ini menjelaskan.

Sumber: Liputan Langsung

Penulis: Hamdan Yuafi

---------------------------------------

Pusat Kerukunan Umat Beragama

Gedung Kementerian Agama Lt. 5

Jl. MH. Thamrin No. 6 Jakarta Pusat

Telp: (021) 3149689

Twittter:@PKUB_KemenagRI

Instagram:@PKUB.KemenagRI