Kamis, 27 Juni 2019, 21:55

Sekjen Kemenag: Kegiatan Kerukunan Harus Sering Libatkan Generasi Muda

Diakhir kegiatan, Sekjen Kemenag (duduk, empat dari kiri) berkesempatan berfoto bersama dengan seluruh peserta. Foto: Fahman/PKUB

YOGYAKARTA, PKUB --- Kegiatan Evaluasi dan Koordinasi Tugas dan Fungsi Kerukunan Umat Beragama yang diselenggarakan oleh Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) pada hari ini, Kamis (26/06/2019) telah selesai diselenggarakan. Berkenan hadir untuk menutup kegiatan ini Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama Muhammad Nur Kholis Setiawan. Dalam kegiatan yang diselenggarakan di Yogyakarta ini beliau menekankan beberapa hal terkait evaluasi program Kemeterian Agama terutama dalam bidang Kerukunan Umat Beragama.

Salah satu hal yang disinggung Sekjen adalah terkait evaluasi program dialog lintas agama. Sekjen menekankan bahwa kegiatan dialog lintas agama kedepan harus lebih melibatkan generasi muda.

Beliau menyampaikan bahwa kegiatan kerukunan jangan hanya dilaksanakan secara formalitas semata atau dengan kata lain selalu mengundang tokoh agama yang sudah senior. Saya merasa, semoga ini hanya perasaan saya, jika kita menyelenggarakan kegiatan selalu yang diundang adalah tokoh tokoh agama yang sudah sanair, atau jama dari senior, demikian beliau menjelaskan sambil diselingi canda.

Evaluasi tersebut didasarkan pada munculnya fenomena yang cukup meresahkan dikalangan generasi muda. Saat ini muncul fenomena pengotakngotakan pemahaman beragama yang menyilaukan di mata anak-anak muda.

Terkait hal tersebut, dia mengkutip sebuah prediksi dari ulama salaf Abdul Wahab bin Ahmad bin Ali Al Anshori dalam kitab beliau berjudul Al Mizanul Kubro. Dalam karya yang ditulis lebih dari berabad-abad lalu tersebut, disebutkan bahwa jika ada sekelompok orang yang mendiskusikan permasalahan terkait agama dengan cara tertutup maka yakinlah apa yang didiskusikan dalam kelompok tersebut adalah sesat.

Bayangkan hal tersebut disampaikan beratus-ratus tahun yang lalu, itu sudah diramalkan dan banyak terjadi di era sekarang ini, demikian penulis buku Meniti Kalam Kerukunan ini menjelaskan.

Sehingga di akhir dia mengajak seluruh elemen di Kementerian Agama, tak terlepas seluruh delegasi Kantor Wilayah Kementerian Agama dari seluruh provinsi di Indonesia yang hadir dalam kegiatan ini, untuk dapat melibatkan generasi muda dalam setiap kegiatan kerukunan.

Tugas kita untuk menjadi wasilah atau perentara untuk menyampaikan pesan-pesan moderasi beragama bagi kalangan generasi muda pungkasnya.

Akhirnya kegiatan ini ditutup secara resmi oleh Sekjen Kementerian Agama dengan mengucapkan hamdalah diringi apresiasi dari seluruh peserta.

Penulis: Hamdan Yuafi

Sumber: Reportase Langsung

---------------------------------------

Pusat Kerukunan Umat Beragama

Gedung Kementerian Agama Lt. 5

Jl. MH. Thamrin No. 6 Jakarta Pusat

Telp: (021) 3149689

Berita Lainnya
Selasa, 2 Juli 2019, 10:50

Produksi Film Dokumenter Kerukunan, Tim Peneliti UGM Selenggarakan FGD di Singkawang

Senin, 1 Juli 2019, 13:03

Kunjungi PKUB, ICRS Diskusikan Diseminasi Kebebasan Beragama

Jumat, 21 Juni 2019, 12:00

Kunjungi Kantor PKUB, Asia Foundation Jajaki Kerjasama Program

Rabu, 15 Mei 2019, 09:54

Melalui Workshop Manajemen Isu Kerukunan, PKUB Perkuat Konduktor Pesan Kerukunan di Purwakarta

Selasa, 14 Mei 2019, 10:56

Bhakti Sosial Waisak 2019 Ajarkan Kemanusiaan Dalam Keberagamaan