Jumat, 21 Juni 2019, 12:00

Kunjungi Kantor PKUB, Asia Foundation Jajaki Kerjasama Program

Budhy Munawar Rachman (kanan) dari Asia Foundation berfoto bersama Kepala PKUB (kiri) didampingi Lilies Suriany (tengah). Foto: Hamdan/PKUB.

JAKARTA, PKUB --- Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) hari ini, Jum'at (21/06/2019) menerima kunjungan dari Budhy Munawar Rachmanyang merupakanproject officerdari Asia Foundation. Kunjungan beliau bertujuan untuk menyampaikan program-program yang telah dilaksanakan oleh Asia Foundation dalam kaitannya peningkatan kerukunan umat beragama di Indonesia.

Salah satu program yang disampaikan adalah terkait pembinaan dan assessment Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam fungsi mereka dalam penanganan konflik. "Kami akan melakukan program assessmentdi empat kota yaitu Banjarmasin, Bukit Tinggi, Bogor dan Yogyakarata", ujar sosok yang juga merupakan dosen di Universitas Paramadina tersebut.

Kepala PKUB Nifasri menanggapi positif diselenggarakanya program tersebut. Beliau menyampaikan bahwa peran FKUB sangat penting dalam penanganan konflik. "FKUB memiliki potensi yang sangat penting dalam menjaga kerukunan, tidak hanya dalam penanganan masalah pembangunan rumah ibadah saja", ujar beliau.

Perlu Menyentuh Lembaga Pendidikan

Dalam kesempatan ini kepala PKUB juga menyampaikan bahwa pesan-pesan kerukunan dan moderasi beragama perlu juga disampaikan kepada guru dan lembaga pendidikan. Beliau menyampaikan hal tersebut atas kekhawatiran terhadap hasil penelitian dari Wahid Institute dan PPIM UIN Jakarta yang menjelaskan bahwa siswa cenderung memiliki pemahaman yang intoleran.

Menanggapi hal tersebut, Budhy menyampaikan Asia Foundation tengah bekerjasama dengan asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam (AGPAI) dalam pengembangan guru PAI agar dalam pengajarannya mengedepankan pendidikan agama yang menyampaikan pesan-pesan moderasi beragama.

Budhy juga memohon izin kepada Kepala PKUB mengundang Ibu Lilies Suriany selaku Kepala Sub Bidang Forum Kerukunan Umat Beragama untuk mengikuti Focus Group Discussuion (FGD) untuk mendiskusikan terkait kerjasama antara PKUB dan Asia Foundation. Nifasri menyambut baik program tersebut dan memberikan apresiasi atas penyampaian Budhy. Beliau berharap dapat terjalin hubungan yang baik antara PKUB dan Asia Foundation kedepannya.

Penulis:Hamdan Yuafi

Sumber: Reportase Langsung

---------------------------------------

Pusat Kerukunan Umat Beragama

Gedung Kementerian Agama Lt. 5

Jl. MH. Thamrin No. 6 Jakarta Pusat

Telp: (021) 3149689

Twittter:@PKUB_KemenagRI

Instagram:@PKUB.KemenagRI

Berita Lainnya
Selasa, 2 Juli 2019, 10:50

Produksi Film Dokumenter Kerukunan, Tim Peneliti UGM Selenggarakan FGD di Singkawang

Senin, 1 Juli 2019, 13:03

Kunjungi PKUB, ICRS Diskusikan Diseminasi Kebebasan Beragama

Kamis, 27 Juni 2019, 21:55

Sekjen Kemenag: Kegiatan Kerukunan Harus Sering Libatkan Generasi Muda

Rabu, 15 Mei 2019, 09:54

Melalui Workshop Manajemen Isu Kerukunan, PKUB Perkuat Konduktor Pesan Kerukunan di Purwakarta

Selasa, 14 Mei 2019, 10:56

Bhakti Sosial Waisak 2019 Ajarkan Kemanusiaan Dalam Keberagamaan