Minggu, 12 Mei 2019, 12:37

Kepala PKUB Dorong Pendidikan Yang Sadar Fakta Muktikultural

Kepala PKUB (tiga dari kiri) sedang memberikan materi dalam Rapat Koordinasi tokoh lintas agama di Jayapura, Sabtu (11/5/2019).

JAYAPURA, PKUB - Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Saefudin hadir sebagai narasumber dalam kegiatan Rapat Koordinasi dan Doa Puasa Bersama Tokoh Lintas Agama se-Provinsi Papua kemarin, Sabtu (11/5/2019). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Sub Bagian Hukum dan Kerukunan Umat Beragama (HKUB) Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Papua.

Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan mengenai Kebijakan Pemerintah Terkait Kerukunan Umat Beragama. Dalam paparannya, Saefudin menegaskan bahwa para tokoh agama harus terus menerus menyebarkan dan mendukung pendidikan yang mengantar pada kesadaran tentang kenyataan Indonesia yang multikultural. "Tujuannya adalah untuk menghasilkan manusia berkarater dan memiliki semangat Bhinneka Tunggal Ika," ujarnya.

Beliau juga mendorong seluruh tokoh agama di Papua untuk menjadikan gerakan dan program Moderasi Beragama sebagai alternatif terbaik dalam beragama. Hal ini mengingat bahwa sudah banyaknya, kalangan atau bahkan organisasi yang memiliki pemikiran yang terlalu ekstrim baik radikal maupun liberal. "Dan hari ini kedua ekstrim tersebut sudah mulai terlihat di Indonesia," demikian sosok yang pernah mengambil studi doktor di Australia itu mengingatkan.

Hadir dalam dialog ini seluruh Tokoh Lintas Agama dari FKUB Provinsi Papua, FKUB Kota Jayapura, FKUB Kabupaten Jayapura, dan sejumalah tokoh agama dari Perguruan Tinggi Agama di Jayapura. Juga hadir dari perwakilan Polda dan Kodam serta pejabat di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Papua.

Diujung kegiatan ini, diadakan Doa Bersama para Tokoh Agama untuk Papua Tanah Damai dan Syukur atas Pilpres dan Pileg yang telah berjalan dengan baik. Kegiatan ditutup dengan deklarasi Damai dan Buka Puasa Bersama.

Sumber: Paulus Tasik Galle

Editor:Hamdan Yuafi

---------------------------------------

Pusat Kerukunan Umat Beragama

Gedung Kementerian Agama Lt. 5

Jl. MH. Thamrin No. 6 Jakarta Pusat

Telp: (021) 3149689

Twittter:@PKUB_KemenagRI

Instagram:@PKUB.KemenagRI

Berita Lainnya
Selasa, 2 Juli 2019, 10:50

Produksi Film Dokumenter Kerukunan, Tim Peneliti UGM Selenggarakan FGD di Singkawang

Senin, 1 Juli 2019, 13:03

Kunjungi PKUB, ICRS Diskusikan Diseminasi Kebebasan Beragama

Kamis, 27 Juni 2019, 21:55

Sekjen Kemenag: Kegiatan Kerukunan Harus Sering Libatkan Generasi Muda

Jumat, 21 Juni 2019, 12:00

Kunjungi Kantor PKUB, Asia Foundation Jajaki Kerjasama Program

Rabu, 15 Mei 2019, 09:54

Melalui Workshop Manajemen Isu Kerukunan, PKUB Perkuat Konduktor Pesan Kerukunan di Purwakarta