Rabu, 10 April 2019, 11:52

Kakanwil Kemenag Babel: Jangan Sampai Ribut Hanya Karena Berbeda Pilihan

Kakanwil Kemenag Babel (berdiri) saat memberikan pengarahan Dalam Dilaog Lintas Agama di Prov. Kep. Bangka Belitung (Foto: Romi/PKUB)

PANGKAL PINANG, PKUB - Seperti kita tahu bersama memelihara atau menjaga sesuatu tentu lebih sulit dari pada membangun atau menciptakannya. Hal tersebut berlaku pula dalam hal memelihara kerukunan umat beragama, hal ini karena kerukunan adalah landasan dari perdamaian umat manusia. Sementara kunci dari perdamaian tersebut adalah toleransi umat beragama.

Tidak berbeda dengan hal tersebut, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Ka Kanwil) Muhammad Ridwan dalam kegiatan Dialog Lintas Agama hari ini, Rabu (10/4/2019) menyampaikan bahwa sejatinya kondisi masyarakat Indonesia itu sudah rukun. "Sejatinya kondisi Indonesia hari ini sudah rukun, tugas kita kemudian, pemerintah dan tokoh agama adalah memelihara kerukunan tersebut, seperti kita ketahui bersama memelihara memang lebih berat dari dari membangun kerukunan, akan tetapi saya yakin jika kita bersinergi maka bersama kita akan bisa," ujar beliau.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Santika Bangka ini, beliau juga me-recall kejadian yang sempat viral dan menjadi pukulan terhadap kerukunan umat beragama di Bangka Belitung. "Beredar video yang viral terkait dugaan penistaan agama di Jebus Bangka Barat, akan tetapi berkat sinergi Kementerian Agama, FKUB, POLDA dan BINDA saat ini kasusnya sudah dapat diredam dengan baik," demikian beliau menjelaskan.

Menyambut Pemilu 2019

Tepat satu minggu lagi kita akan melaksanakan pesta demokarsi berupa pemilihan legislatif dan pemilihan presiden. Bapak Ka Kanwil menghimbau agar segenap tokoh agama senantiasa menyuarakan persatuan meskipun berbeda pilihan. "Jangan sampai ribut hanya karena berbeda pilihan, hal tersebut hanya akan menimbulkan disintegrasi dan mengancam kerukunan," demikian beliau menekankan.

Hal senada disampaikan Lilies Suriyani selaku ketua panitia Dialog Lintas Agama di Bangka Belitung. Dihadapan puluhan tokoh agama di Bangka Belitung beliau menekankan bahwa kegiatan ini sangat relevan dalam rangka menyambut Pemilu 2019 ini. "Kegiatan ini dimaksudkan juga untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan terjadinya gangguan kerukunan menjelang Pemilu 2019," ujar beliau.

Acara yang dihadiri oleh 60 tokoh agama yang merupakan perwakilan dari seluruh komponen agama di Bangka Belitung ini dilanjutkan dengan Dialog Interaktif. Dialog ini dimaksudkan untuk menjembatani aspirasi dari para tokoh agama kepada Ka Kanwil Kementerian Agama Bangka Belitung dan Kepala Bidang Bina Lembaga Kerukunan dan Lembaga Keagamaan Pusat Kerukunan Umat Beragama.

Penulis: Hamdan Yuafi

Sumber: Reportase Langsung

---------------------------------------

Pusat Kerukunan Umat Beragama

Gedung Kementerian Agama Lt. 5

Jl. MH. Thamrin No. 6 Jakarta Pusat

Telp: (021) 3149689

Twittter:@PKUB_KemenagRI

Instagram:@PKUB.KemenagRI

Berita Lainnya
Selasa, 2 Juli 2019, 10:50

Produksi Film Dokumenter Kerukunan, Tim Peneliti UGM Selenggarakan FGD di Singkawang

Senin, 1 Juli 2019, 13:03

Kunjungi PKUB, ICRS Diskusikan Diseminasi Kebebasan Beragama

Kamis, 27 Juni 2019, 21:55

Sekjen Kemenag: Kegiatan Kerukunan Harus Sering Libatkan Generasi Muda

Jumat, 21 Juni 2019, 12:00

Kunjungi Kantor PKUB, Asia Foundation Jajaki Kerjasama Program

Rabu, 15 Mei 2019, 09:54

Melalui Workshop Manajemen Isu Kerukunan, PKUB Perkuat Konduktor Pesan Kerukunan di Purwakarta