Sabtu, 23 Maret 2019, 06:07

Kepala PKUB: Kita Akan Mudah Terpapar Hoax Tanpa Literasi Agama

Kepala PKUB (berdiri) saat menjadi narasumber dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Kemenko POLHUKAM, kemarin 21/3.

DEPOK, PKUB Kurang dari 30 hari lagi, seluruh elemen bangsa Indonesia akan menyambut pesta demokrasi yang mana akan menjadi titik sejarah bagi bangsa ini. Salah satu indikator suksesnya pesta demokrasi tidak lain adalah terciptanya stabilitas sosial di tengah-tengah masyarakat baik pra maupun pasca perhelatan. Merupakan tugas bersama untuk mewujudkan hal tersebut, tidak terlepas tugas para pemuka agama. Para pemuka agama harus senantiasa menggaungkan pesan-pesan kerukunan sehingga kondisi masyarakat tetap aman dan damai demi mewujudkan Pemilu yang bermartabat.

Poin tersebut yang melatar belakangi dilaksanakannya Forum Koordinasi dan Sinkronisasi Memperteguh Kebhinnekaan yang dilaksanakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko POLHUKAM) kemarin, Kamis (21/03/2019). Dalam acara yang dilaksanakan di Hotel Bumi Wiyata Depok tersebut, hadir ratusan peserta yang terdiri dari tokoh pemuka agama, tokoh agama dan masyarakat, forum kerukunan umat beragama (FKUB) serta perwakilan dari Kementerian/Lembaga terkait.

Hadir sebagai pembicara, peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro, Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Saefudin dan Sri Yunanto yang merupakan tenaga ahli Menteri POLHUKAM.

Dalam kesempatan ini secara khusus Kepala PKUB menekankan kembali pentingnya seluruh pemuka agama sebagai agen pencipta kerukunan. "Saya mengajak seluruh pemuka agama pada umumnya, khususnya FKUB untuk senantiasa menjadi agen kerukunan yang senantiasa menggaungkan pesan-pesan perdamaian di tengah-tengah masyarakat", tutur beliau.

Beliau juga menekankan bahwa tentang pentingnya menyeimbangkan literasi keagamaan, ke Indonesiaan dan kemodernan secara berimbang agar kita bisa menjadi opinion leader di tengah-tengah masyakarat. "Karena tanpa literasi-literasi tersebut kita akan mudah termakan hoax," demikian beliau menekankan

Sebelumnya berkesempatan membuka acara ini secara langsung Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto.

Penulis:Hamdan Yuafi

---------------------------------------

Pusat Kerukunan Umat Beragama

Gedung Kementerian Agama Lt. 5

Jl. MH. Thamrin No. 6 Jakarta Pusat

Telp: (021) 3149689

Twittter:@PKUB_KemenagRI

Instagram:@PKUB.KemenagRI

Berita Lainnya
Selasa, 2 Juli 2019, 10:50

Produksi Film Dokumenter Kerukunan, Tim Peneliti UGM Selenggarakan FGD di Singkawang

Senin, 1 Juli 2019, 13:03

Kunjungi PKUB, ICRS Diskusikan Diseminasi Kebebasan Beragama

Kamis, 27 Juni 2019, 21:55

Sekjen Kemenag: Kegiatan Kerukunan Harus Sering Libatkan Generasi Muda

Jumat, 21 Juni 2019, 12:00

Kunjungi Kantor PKUB, Asia Foundation Jajaki Kerjasama Program

Rabu, 15 Mei 2019, 09:54

Melalui Workshop Manajemen Isu Kerukunan, PKUB Perkuat Konduktor Pesan Kerukunan di Purwakarta