Rabu, 13 Februari 2019, 11:30

Audiensi Dengan Kepala PKUB, FKUB DKI Jakarta Akan Gelar Dialog Lintas Agama Bertajuk 'Imlek, Budaya atau Agama'

Suasana audiensi FKUB DKI Jakarta dengan Kepala PKUB, membicarakan perayaan Imlek dan hubungannya dengan agama (Foto: PKUB/Deny Setyawan)

JAKARTA, PKUB - Penanganan dan pencegahan isu-isu kerukunan antar umat beragama menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat. Salah satu unsur masyarakat yang memiliki peran tersebut adalah Forum Kerukunan Umat Beragama atau bisa dikenal dengan nama FKUB. Hal tersebut mengemuka dalam diskusi dalam rangka audiensi antara FKUB DKI Jakarta dengan Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) hari ini, Rabu (13/2/2019) di Ruang Kepala PKUB.

Hadir dalam audiensi ini jajaran pengurus FKUB DKI Jakarta yang didampingi langsung oleh Ketua FKUB DKI Jakarta, Ahmad Syafi'i Mufid. Hadir juga Kepala Sub Bagian Hukum dan Kerukunan Umat Beragama Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta, Taufik. Sementara dari PKUB, hadir menerima secara langsung Kepala PKUB, Saefudin yang didampingi oleh Kepala Bidang Bina Lembaga Kerukunan Agama dan Lembaga Keagamaan, Aliefosra Nur.

Dalam audiensi ini didiskusikan berbagai masalah toleransi umat beragama yang tengah terjadi di Jakarta. Secara spesifik diskusi mengerucut kepada kecenderungan yang muncul di masyarakat yang menilai Hari Raya Imlek sebagai bagian dari perayaan agama tertentu. Permasalahan menjadi semakin pelik ketika ada salah satu gereja Katolik di Jakarta yang telah mengadakan Misa Imlek. "Akhirnya hal ini menimbulkan permasalahan, bahkan sampai ada golongan yang bermaksud melaporkan hal tersebut dengan pasar penodaan agama, jika ini tidak diselesaikan maka akan menimbulkan disintegrasi" tutur Ketua FKUB DKI Jakarta, Ahmad Syafi'i Mufid.

Wakil Ketua FKUB DKI Jakarta,HMSyarifTanudjaja menambahkan, FKUB sebagai institusi yang netral merasa penting untuk menyelesaikan persoalan pelik ini. "Jika ini disikapi di internal majelis agama tertentu, maka yang dihasilkan hanyalah perspektif semata, maka kami di FKUB sebagai institusi yang netral dan mengedepankan strategi kebudayaan dalam menyelesaikan masalah merasa penting untuk turun tangan", tutur sosok yang juga pernah menjabat sebagai ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) DKI Jakarta ini.

Langkah yang akan dilakukan FKUB DKI Jakarta dalam waktu dekat ini adalah melaksanakan kegiatan dialog lintas agama dalam rangka mendiskusikan, memusyawarahkan dan menyimpulkan mengenai hari raya Imlek dan hubungannya dengan agama tertentu. Xs. Djaengrana Ongawijaya yang merupakan utusan Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (MATAKIN) di FKUB DKI Jakarta menyampaikan bahwa ini sangat penting untuk dibahas agar nantinya dapat menghasilkan rekomendasi yang diterima oleh semua agama.

Dalam dialog lintas agama yang rencananya mengambil tema 'Imlek, Agama atau Budaya' ini akan diundang berbagai narasumber dari pakar budaya, pakar agama dan utusan dari 6 majelis agama di DKI Jakarta. Sehingga harapanya persoalan ini menjadi jelas dan tidak ada lagi kesalahpahaman diantaara umat beragama mengenai Imlek dan hubungannya dengan agama tertentu. Sejatinya, sebagaimana ditulis oleh Tom Saptaatmaja di kolom Opini Kompas edisi Senin (04/2/2019) bahwa Imlek bukanklah perayaan keagamaan. Hal ini mengingat bahwa sejatinya Imlek adalah perayaan menyongsong musim semi dikalangan petani Cina kuno dan bukan merupakan perayaan agama tertentu.

Lebih lanjut, disampaikan pula dalam audiensi ini bahwa kepengurusan FKUB DKI Jakarta sudah memasuki akhir periode kepengurusan, sehingga para pengurus FKUB memohon pamit dan dan meminta bantuan serta dukungan kepada Kepala PKUB untuk mendukung kegiatan diskusi menyoal Imlek tersebut sebagai agenda terakhir sebelum demisioner. Kepala PKUB menyambut baik permintaan tersebut dan akan mendukung diselenggarakannya kegiatan tersebut.

Sumber: Reportase Langsung

Penulis:Hamdan Yuafi

---------------------------------------

Pusat Kerukunan Umat Beragama

Gedung Kementerian Agama Lt. 5

Jl. MH. Thamrin No. 6 Jakarta Pusat

Telp: (021) 3149689

Twittter:@PKUB_KemenagRI

Instagram:@PKUB.KemenagRI

Berita Lainnya
Senin, 18 Maret 2019, 16:04

Temui Presiden, FKUB Siap Kawal Pemilu Aman, Damai dan Rukun

Kamis, 14 Maret 2019, 11:15

Penting Bagi Siswa Aktif Dalam Interaksi Lintas Agama

Rabu, 13 Maret 2019, 14:44

Indonesia dan Australia Sepakati Kerjasama Interfaith Dialogue

Jumat, 1 Maret 2019, 15:54

Kepala PKUB: WALUBI Harus Terus Pupuk Kerjasama Antar Agama

Kamis, 28 Februari 2019, 12:49

Risalah Jakarta Sebagai Upaya Pengarusutamaan Moderasi Beragama