Kamis, 3 Januari 2019, 08:54

Menag Berikan Harmony Award Kepada Pemda dan FKUB, Daerah Mana Saja Yang Menerimanya?

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin (kiri) saat memberikan penghargaan kepada penerima Harmony Award Tahun 2019

JAKARTA, PKUB - Keberhasilan pembangunan keberagamaan sangat menentukan masa depan bangsa Indonesia. Pembangunan keberagamaan tersebut tidak lepas dari peran Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota serta peran Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di seluruh Indonesia. Dalam rangka mengapresiasi pembangunan keberagamaan di Indonesia, hari ini, Kamis (3/1/2019) Kementerian Agama melalui Keputusan Menteri Agama No. 1 Tahun 2019 memberikan penghargaan berupa Harmony Award Tahun 2019 kepada Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota dengan kehidupan keagamaan paling rukun dan FKUB Provinsi dan Kabupaten/Kota berkinerja terbaik.

Untuk kategori Pemerintah Provinsi dengan kehidupan keagamaan paling rukun anugerah Harmony Award diberikan kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, Sulawesi Barat dan Kalimantan Timur. Sementara untuk Pemerintah Kabupaten/Kota dianugerahkan kepada Pemerintah Kabupaten Bulungan, Kota Ambon dan Kota Yogyakarta. Selanjutnya, untuk kategoriFKUB berkinerja terbaik pada tingkat Provinsi jatuh kepada FKUB Aceh, FKUB DKI Jakarta dan FKUB Kalimantan Barat. Kemudian, untuk kategori FKUB berkinerja terbaik tingkat Kabupaten/Kota dianugerahkan kepada FKUB Kota Bekasi, FKUB KabupatenGunung Kiduldan FKUB Kabupaten Tasikmalaya.

Penentuan penghargaan ini didasarkan pada indikator pengukuran yang matang dan terpercaya. Untuk kategori pemerintah daerah dengan kehidupan keagamaan paling rukun digunakan indikator Indeks Kerukunan yang dikeluarkan oleh Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama yang diperkuat dengan kondisi faktual di daerah berupa ada tidaknya kasus intoleransi dan pemberitaan media terkait kerukunan pada seluruh daerah di Indonesia. Sementara penentuan untuk kategori FKUB berkinerja terbaik didasarkan pada 4 (empat) indikator yang terukur yaitu frekuensi kegiatan rutin FKUB, ada tidaknya program inovatif yang dilakukan oleh FKUB, kemampuan FKUB dalam menggalang dana diluar hibah pemerintah dan publikasi terkait kerukunan FKUB di media baik cetak maupun elektronik. Tim dari Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) yang mendapatkan amanah dari Menteri Agama untuk melakukan penilaian, bekerja secara profesional dengan didasarkan pada indikator-indikator tersebut, menentukan penerima penghargaan dari masing-masing kategori.

Dalam sambutan tekait pemberian Harmony Award ini, Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan terima kasih kepada penerima Harmony Award karena telah membantu dan bekerjasama dengan Kementerian Agama dalam menjaga kerukunan umat beragama di daerah. Pemberian penghargaan ini diberikan bersamaan dengan Upacara Bendera peringatan Hari Amal Bakti ke-73. Hadir langsung menerima penghargaan, Kepala Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota serta Ketua FKUB Provinsi dan Kabupaten/Kota penerima penghargaan.

Sumber:Reportase Langsung

Penulis:Hamdan Yuafi

---------------------------------------

Pusat Kerukunan Umat Beragama

Gedung Kementerian Agama Lt. 5

Jl. MH. Thamrin No. 6 Jakarta Pusat

Telp: (021) 3149689

Twittter:@PKUB_KemenagRI

Instagram:@PKUB.KemenagRI

Berita Lainnya
Selasa, 2 Juli 2019, 10:50

Produksi Film Dokumenter Kerukunan, Tim Peneliti UGM Selenggarakan FGD di Singkawang

Senin, 1 Juli 2019, 13:03

Kunjungi PKUB, ICRS Diskusikan Diseminasi Kebebasan Beragama

Kamis, 27 Juni 2019, 21:55

Sekjen Kemenag: Kegiatan Kerukunan Harus Sering Libatkan Generasi Muda

Jumat, 21 Juni 2019, 12:00

Kunjungi Kantor PKUB, Asia Foundation Jajaki Kerjasama Program

Rabu, 15 Mei 2019, 09:54

Melalui Workshop Manajemen Isu Kerukunan, PKUB Perkuat Konduktor Pesan Kerukunan di Purwakarta