Selasa, 4 Desember 2018, 10:17

PKUB Ajak Tokoh Agama Berikan Jawaban Paling Bijak Terkait Pilihan Politik

Kepala PKUB, Saefudin (berdiri) tengah menyampaikan arahan dalam Dialog Lintas Agama di Jakarta, hari ini Selasa (4/12/2018).

JAKARTA, PKUB - Bagi bangsa Indonesia keberagaman adalah sebuah fakta yang tidak bisa kita hindari. Keberagaman ini dapat bernilai positif atau rukun apabila dimanajemen dengan baik, sebaliknya juga dapat bernilai negatif atau konflik jika tidak dikelola dengan baik. Diharapkan melalui peran tokoh agama dapat mengelola keberagaman tersebut, sehingga dapat mencegah terjadinya konflik keagamaan.

Hal tersebut mengemuka dalam sambutan ketua panitia kegiatan Dialog Lintas Agama di DKI Jakarta, Lilies Suriyany. Beliau menyampaikan hal tersebut dihadapan puluhan tokoh agama di DKI Jakarta yang merupakan perwakilan dari 6 (enam) agama di Indonesia. Kegiatan ini diselenggarakan hari ini, Selasa (4/12/2018) oleh Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB)."Peran tokoh agama sangat penting untuk mengantisipasi konflik keagamaan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat dengan memelihara kerukunan umat beragama demikian sosok yang juga merupakan Kepala Sub Bidang Forum Kerukunan Umat Beragama pada PKUB ini.

Turut memberikan arahan dalam kegiatan ini Kepala PKUB, Saefudin. Beliau menekankan pentingnya peran tokoh agama untuk membangun dialog antar agama. "Saya mengajak Bapak Ibu semua, untuk membangun dialog yang konstruktif, artinya semua elemen masyarakat bahu membahu dalam membangun kerukunan di Indonesia ini, demikian beliau menjelaskan.

Kaitanya dengan tahun politik 2019 yang akan segera datang, beliau mengajak para tokoh agama untuk memberikan jawaban yang paling bijak kepada umat terkait pilihan politik. "Saya yakin Bapak Ibu akan menjadi tempat bertanya bagi umat beragama, oleh karena itu saya mengajak Bapak Ibu untuk memberikan jawaban yang paling bijak dan jangan sampai jawaban tersebut terpengaruh hoaxyang beredar secara masif demikian sosok kelahiran Banyumas ini menjelaskan.

Kegiatan Dialog Lintas Agama di DKI Jakarta ini akan masih berlangsung hingga besok, Rabu (5/12/2018) dan menghadirkan pemateri-pemateri yang mumpuni dalam rangka memelihara dan menguatkan kerukunan umat beragama di Indonesia.

Sumber: Reportase Langsung

Penulis:Hamdan Yuafi

---------------------------------------

Pusat Kerukunan Umat Beragama

Gedung Kementerian Agama Lt. 5

Jl. MH. Thamrin No. 6 Jakarta Pusat

Telp: (021) 3149689

Twittter:@PKUB_KemenagRI

Instagram:@PKUB.KemenagRI

Berita Lainnya
Jumat, 7 Desember 2018, 22:25

Pentingnya Interaksi Sosial Guna Menjaga Kerukunan

Kamis, 29 November 2018, 12:04

UN Women Indonesia, Pemuda Harus Gunakan Sosial Media Untuk Promosikan Toleransi

Selasa, 27 November 2018, 17:02

RI-Polandia Berkomitmen Lanjutkan Kerjasama Dialog Lintas Agama dan Budaya

Jumat, 23 November 2018, 10:49

Kepala PKUB Ajak ORMAS di Jakarta untuk Tetap Rukun, Tertib dan Tentrem

Kamis, 22 November 2018, 12:44

AYIC 2018: Religious Harmony in Indonesia Can Be a Lesson for ASEAN