Kamis, 29 November 2018, 09:30

12 K/L Bahas Strategi Penanganan Konflik Keagamaan dalam Rapat Perdana Pokja Kerukunan

Tampak Kepala PKUB, Saefudin tengah memimpin jalannya rapat perdana Pokja Lintas Kementerian Terkait Kerukunan Umat Beragama

JAKARTA, PKUB Upaya pembinaan kerukunan umat beragama akan semakin efektif jika melibatkan semua pihak, salah satunya adalah kerjasama dari lintas Kementerian dan Lembaga (K/L). Hal inilah yang mengilhami Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) melalui Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 125 Tahun 2018 untuk menginisiasi rapat Kelompok Kerja (Pokja) Lintas Kementerian Terkait Kerukunan Umat Beragama. Secara keseluruhan Pokja ini terdiri dari 40 anggota yang berasal dari 12 K/L yaitu dari Kementerian Agama, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kordinator Bidang PMK, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Komunikasi dan Informatika, BIN, Kementerian Koordinator Bidang POLHUKAM, BAPPENAS, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, POLRI, dan Kejaksaan Agung.

Untuk menindaklanjuti arahan Menteri Agama itu, kemarin, Rabu (28/11/2018) PKUB menyelenggarakan rapat perdana terkait Pokja tersebut. Hadir dalam rapat tersebut para pejabat dari K/L yang tergabung dalam Pokja ini. Dalam rapat yang diselenggarakan di Ruang Rapat Lantai 2 Sekretariat Jenderal Kementerian Agama tersebut mengemuka beberapa topik dan rencana aksi terkait upaya pembinaan kerukunan umat beragama di Indonesia.

Kepala PKUB, Saefudin selaku pimpinan rapat memberikan pendahuluan mengenai maksud dibentuknya Pokja ini. "Pokja ini disiapkan untuk mengantisipasi manakala terjadi isu-isu kerukunan yang tiba-tiba muncul, sehingga lebih bersifat pada penanganan isu kerukunan" tutur sosok yang pernah mengambil program doktoral Policy Studies di University of Sydney tersebut.

Beliau juga mengajak seluruh utusan dari K/L untuk memberikan sumbangsih ide dan pemikiran terkait tindak lanjut secara nyata dari Pokja ini selama satu tahun kedepan. Lebih lanjut, seluruh utusan dari semua K/L menyepakati bahwa perlu diadakan pertemuan rutin triwulanan terkait Pokja ini guna membahas isu-isu terkini terkait konflik keagamaan dan aksi nyata untuk merespon isu tersebut.

Sumber: Reportase Langsung

Penulis: Hamdan Yuafi

---------------------------------------

Pusat Kerukunan Umat Beragama

Gedung Kementerian Agama Lt. 5

Jl. MH. Thamrin No. 6 Jakarta Pusat

Telp: (021) 3149689

Twittter: @PKUB_KemenagRI

Instagram: @PKUB.KemenagRI

Berita Lainnya
Jumat, 7 Desember 2018, 22:25

Pentingnya Interaksi Sosial Guna Menjaga Kerukunan

Selasa, 4 Desember 2018, 10:17

PKUB Ajak Tokoh Agama Berikan Jawaban Paling Bijak Terkait Pilihan Politik

Kamis, 29 November 2018, 12:04

UN Women Indonesia, Pemuda Harus Gunakan Sosial Media Untuk Promosikan Toleransi

Selasa, 27 November 2018, 17:02

RI-Polandia Berkomitmen Lanjutkan Kerjasama Dialog Lintas Agama dan Budaya

Jumat, 23 November 2018, 10:49

Kepala PKUB Ajak ORMAS di Jakarta untuk Tetap Rukun, Tertib dan Tentrem