Rabu, 21 November 2018, 18:34

Kabupaten Minahasa Tenggara, Salah Satu Role Model Kepedulian Pemda Terhadap FKUB

Para Pejabat Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) berfoto bersama Kepala PKUB (tiga dari kiri).

JAKARTA, PKUB - Salah satu ukuran keseriusan pemerintah daerah (pemda) dalam menjaga kerukunan antar umat beragama dapat dilihat dari seberapa besar dukungan pemerintah daerah tersebut kepada Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) setempat. Salah satu pemda yang sampai saat ini mendukung penuh FKUB adalah Pemda Minahasa Tenggara (Mitra). Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Minahasa Tenggara dalam kunjungan beliau ke Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) hari ini, Rabu (21/11/2018).

Para pejabat Kabupaten Mitra yang dipimpin oleh Kepala Bagian Kesra, John Kolidug dan disambut langsung oleh Kepala PKUB, Saefudin didampingi oleh Kepala Bidang Harmonisasi Umat Beragama, Wawan Djunaedi dan Kepala Sub Bidang Penanganan Isu Umat Beragama, Hery Fathurochman. Para pejabat dari Kabupaten Mitra diterima dan berdiskusi terkait pengelolaan kerukunan umat beragama dengan sangat intens dengan Kepala PKUB.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Bidang Kesra Kabupaten Mitra menyampaikan beberapa hal, diawali dengan menyampaikan kondisi geografis wilayah, bahwa kabupaten Mitra adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara, dengan ibu kota daerahnya bernama Ratahan, daerah pemekaran dari Kabupaten Minahasa. Terkait pengelolaan kerukunan umat beragama di sana, Bapak Jhony juga menjelaskan dengan detail bentuk kepedulian Pemda Mitra kepada FKUB. "Bapak Bupati kami dalam banyak kesempatan selalu memberikan bantuan dan dukungan baik berupa dana operasional maupun sarana lainnya kepada FKUB, tokoh agama dan Rumah Ibadah di Kabupaten Mitra" demikian beliau menyimpulkan.

Sementara dalam diaognya Kepala PKUB berharap kepada seluruh pejabat di Kabupaten Mitra untuk tetap terus menjaga toleransi dan kerukunan umat beragama dengan dukungan perhatian terhadap FKUB. "Kami, di pusat juga berkomitmen untuk terus mendukung terjagnya kondisi kerukunan yang ada di Indonesia ini dengan senatiasa memberikan layanan terbaik, termasuk salah-satunya fasilitas peningakatan bantuan operasional FKUB yang akan terus kita perjuangkan" demikian beliau sosok kelahiran Banyumas ini menjelaskan.

Sumber: Hery Fathurochman

Editor: Hamdan Yuafi

Berita Lainnya
Selasa, 2 Juli 2019, 10:50

Produksi Film Dokumenter Kerukunan, Tim Peneliti UGM Selenggarakan FGD di Singkawang

Senin, 1 Juli 2019, 13:03

Kunjungi PKUB, ICRS Diskusikan Diseminasi Kebebasan Beragama

Kamis, 27 Juni 2019, 21:55

Sekjen Kemenag: Kegiatan Kerukunan Harus Sering Libatkan Generasi Muda

Jumat, 21 Juni 2019, 12:00

Kunjungi Kantor PKUB, Asia Foundation Jajaki Kerjasama Program

Rabu, 15 Mei 2019, 09:54

Melalui Workshop Manajemen Isu Kerukunan, PKUB Perkuat Konduktor Pesan Kerukunan di Purwakarta