Senin, 19 November 2018, 09:22

Tepelima Kalbar, Pemuda Sumber Ide Segar Kerukunan Umat Beragama

Tampak Bapak Aris Sujarwono tengah menerima tanda terima kasih dari Panitia kegiatan Temu Pemuda Lintas Iman Kalimantan Barat

PONTIANAK, PKUB - Pemuda adalah generasi masa kini yang tanpa diminta atau dibutuhkan pasti akan medapatkan estafet kepemimpinan di masa depan. Bahkan ditangan pemudalah pilar dan pundi kerukunan umat beragama dibangun dan dijaga, hal ini karena pemuda adalah salah satu elemen yang langsung bersentuhan dengan masyarakat akar rumput. Untuk itu, para pemuda dan pemudi harus paham mengenai toleransi aktif dan sikap menghargai satu sama lain sehingga pesan toleransi tersebut dapat disampaikan kepada masyarkat luas. Atas dasar itulan, sekelompok pemuda dan pemudi di Kalimantan Barat berinisiatif membentuk komunitas pemuda dan melaksanakan kegiatan yang mereka namai 'TEPELIMA KALBAR' yang merupakan singkatan dari Temu Pemuda Lintas Iman Kalimantan Barat.

Pelaksanaan kegiatan mengambil tempat di Canopi Center Pontianak. Temu Pemuda Lintas Iman ini diprakarsai oleh Muhammad Hotip sebagai ketua pelaksana dan Isa Oktaviani sebagai sekretaris panitia kegiatan, dengan dibantu beberapa anggota lainnyan yang memiliki semangat yang tinggi dalam menggelorakan persatuan dikalangan pemuda lintas iman di Kota Pontianak.

Acara ini dibuka pada Sabtu 17 November 2018 Pukul 13.00 WIB yang dihadiri Gubernur Kalimantan Barat yang diwakili oleh Kepala Badan Pembinaan SDM, Alfian serta Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat yang diwakili oleh Kasubbag Hukum dan KUB, Aris Sujarwono, Walikota Pontianak diwakili oleh Kabag Kesra, Ikhwanto dan Sekretaris FKUB Kalimantan Barat, Romawi Marten.

Dalam kesempatan tersebut Aris Sujarwono memberi isyarat akan melibatkan komunitas ini dalam berbagai kegiatan kerukunan umat beragama di Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Barat, sehingga akan memberi warna dalam setiap kegiatan kerukunan di Kalimantan Barat. Hal ini karena, saya yakin bahwa pemuda adalah sumber ide yang segar dalam menjaga kerukunan di Kalimantan Barat begitu beliau menjelaskan.

Kegiatan ini akan masih berlangsung hingga Selasa (20/11/2018) besok. Salah satu fokus pembahasan yang akan bergulir dalam kegiatan ini adalah pentingnya menanggulangi Hoax yang berpotensi mengancam kerukunan umat beragama di Kalimantan Barat.

Sumber: Aris Sujarwono

Penulis: Hamdan Yuafi

Berita Lainnya
Jumat, 7 Desember 2018, 22:25

Pentingnya Interaksi Sosial Guna Menjaga Kerukunan

Selasa, 4 Desember 2018, 10:17

PKUB Ajak Tokoh Agama Berikan Jawaban Paling Bijak Terkait Pilihan Politik

Kamis, 29 November 2018, 12:04

UN Women Indonesia, Pemuda Harus Gunakan Sosial Media Untuk Promosikan Toleransi

Selasa, 27 November 2018, 17:02

RI-Polandia Berkomitmen Lanjutkan Kerjasama Dialog Lintas Agama dan Budaya

Jumat, 23 November 2018, 10:49

Kepala PKUB Ajak ORMAS di Jakarta untuk Tetap Rukun, Tertib dan Tentrem