Senin, 29 Oktober 2018, 09:41

Pembukaan AYIC 2018: Sekjen Kemenag, Pemuda adalah Pelopor Dialog Antar Agama

Tampak Nur Kholis Setiawan (Sekjen Kementerain Agama) tengah memberikan arahan dalam pembukaan AYIC 2018

JAKARTA-PKUB. Seperti yang pernah dikemukakan oleh Bapak pendiri bangsa kita, Soekarno, mengenai pentingnya peran pemuda dalam pembangunan suatu negara. Pembangunan tersebut salah satunya adalah pembangun kesadaran untuk memahami dan menikmati perbedaan dan keberagaman yang ada disekitar mereka. Hal itulah yang mendasari Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menyelenggarakan kegiatan the 2nd ASEAN Youth Interfaith Camp 2018 (AYIC 2018).

Hari ini (29/10/2018) acara dibuka secara resmi oleh Wakil Menteri Luar Negeri, AM Fachir di Gedung Pancasila Komplek Kementerian Luar Negeri. Hadir memberikan arahan dalam kegiatan ini, Wakil Menteri Luar Negeri, AM Fachir, Direktur Jenderal Kerjasama ASEAN, Jose Tavares, Sekretaris Kemenko PMK, Satya Sananugraha, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Nur Kholis Setiawan dan Deputi Sekretaris Jenderal ASEAN untuk Kerjasama Kemasyarakatan dan Korporasi.

Secara khusus Sekretaris Jenderal Kementerain Agama, Nur Kholis Setiawan menyampaikan bahwa pemuda memiliki peran dan tugas yang sangat besar dalam membangun dan mempromosikan nilai-nilai multikultural di tengah-tengah masyarakat. By joining this agenda, I hope that you all, youths from all ASEAN countries, will learn how diverse Indonesia is and how Indonesia promotes intercultural and interfaith dialoge, so then you can be a pioneer of an interfaith dialogue from the grassroot community in your own country begitu beliau menjelaskan.

Acra ini diikuti oleh delegasi pemuda dan pemudi dari negara-negara ASEAN. Acara ini akan masih berlangsung hingga Minggu mendatang dan akan mengambil tempat di beberapa kota di Indonesia, yaitu: Jakarta, Yogyakarta dan Bali. Setelah dari acara pembukaan ini, para delegasi AYIC 2018 diagendakan bertemu dengan Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden RI.

Sumber: Reportase Langsung Kegiatan

Editor: Hamdan Yuafi

Berita Lainnya
Selasa, 30 Oktober 2018, 06:17

JK Ajak Pemuda ASEAN Belajar dari Bhinneka Tunggal Ika

Rabu, 24 Oktober 2018, 09:27

PKUB Selenggarakan Workshop Kontra-Narasi Radikalisme untuk Pemuda di Malang

Rabu, 3 Oktober 2018, 14:50

Dialog Lintas Agama: Langkah Strategis Membangun Peradaban Bangsa

Rabu, 26 September 2018, 11:59

Asosiasi Muslim Cina Puji Pembangunan dan Keberagamaan di Indonesia

Rabu, 19 September 2018, 09:53

Pembukaan Workshop Wawasan Multikultural Kendari: Radikalisme Berpotensi Mengancam Kerukunan Umat Beragama