Senin, 27 Agustus 2018, 12:11

Konsultasi FKUB Sulawesi Utara Hasilkan Usulan Honor Bagi Pengurus FKUB Se-Indonesia

Foto bersama seluruh pengurus FKUB Sulawesi Utara dengan perwakilan dari PKUB

JAKARTA, PKUB- Hari ini (27/08/2018) Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) menerima kunjungan dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulawesi Utara. Rombongan dipimpin langsung oleh Pdt. Dr. HWB Sumakul, M.Th. selaku Ketua FKUB Sulawesi Utara. Seluruh rombongan terdiri dari 13 pengurus FKUB Sulawesi Utara. Dari PKUB hadir menyambut seluruh rombongan, Kepala Bidang Bina Lembaga Kerukunan Agama dan Lembaga Keagamaan, Aliefosra Nur, S.H. M.M. Para peserta kunjungan diterima di Harmoni Center Gedung Kementerian Agama Thamrin Lantai 5 (lima). Tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk melakukan Konsultasi dan Dialog Kerukunan dengan Pusat Kerukunan Umat Beragama.

Membuka pembicaraan, Bapak Sumakul menyampaikan bahwa kerukunan umat beragama di Sulawesi Utara terjalin dengan harmonis. Hal ini ditunjang dengan kearifan lokal yang senantiasa dijaga oleh seluruh masyarakat Sulawesi Utara. Kerukunan umat beragama di Sulawesi Utara sangat baik dan harmonis dengan masyarakatnya yang selalu mengedepankan kearifan lokal Kitorang Bersaudara, Kitorang Sama Ciptaan Tuhan, tutur sosok yang pernah mengenyam pendidikan di University of Free State Afrika Selatan ini.

Sesi pembicaraan dilanjutkan dengan konsultasi terkait pengembangan FKUB. Salah satu hal yang esensial dan dipersoalkan oleh peserta kunjungan adalah mengenai pemberian honor bagi para pengurus FKUB di daerah mengingat peran FKUB yang sangat penting dalam mengelola kerukunan umat beragama. Hal ini sesuai dengan pesan Peraturan Bersama Menteri (PBM) Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri No. 9 dan 8 Tahun 2006 bahwa ada Dana Hibah bagi FKUB, akan tetapi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI) mengingatkan untuk tidak menggunakan dana hibah sebagai honor pengurus FKUB. Sehingga diperlukan dasar hukum yang baru yang dapat digunakan sebagai dasar untuk pemberian honor kepada tokoh agama atau pengurus FKUB secara personal.

Sesi kunjungan FKUB Sulawesi Utara diakhiri dengan penyerahan replika hewan Karsius yang terbuat dari batang phon kelapa, hewan ini diyakini hanya ada di Sulawesi Utara. Kunjungan ditutup dengan sesi foto bersama seluruh pengurus FKUB Sulawesi Utara dan perwakilan PKUB.

Sumber: Reportase Langsung Kegiatan

Editor: Hamdan Yuafi