Rabu, 16 Mei 2018, 12:59

BPIP dan PKUB Kementerian Agama Laksanakan Silaturahmi Kebangsaan Sambut Hari Lahir Pancasila

Foto bersama Tamu Kehormatan bersama perwakilan Tokoh Agama yang hadir dalam kegiatan ini.

Hari ini (16/05) Badan Penguatan Ideologi Pancasila (BPIP) bekerjasama dengan Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Kementerian Agama RI menyelenggarakan kegiatan Silaturahmi Kebangsaan dalam menyambut Hari Lahir Pancasila. Acara ini mengambil tempat di Masjid Istiqlal, Jakarta. Pada kesempatan ini, hadir Ibu Megawati Sukarno Putri (Ketua Dewan Pengarah BPIP) Bapak Ahmad Basarah (Wakil Ketua MPR) Bapak Yudi Latif (Ketua BPIP) Ibu Puan Maharani (Menteri Koordinator Bidang PMK) dan Bapak Lukman Hakim Saifudin (Menteri Agama RI). Kegiatan ini melibatkan tokoh agama dari semua agama yang diakui di Indonesia yaitu, Nasaruddin Umar (Islam), Henriette T Hutabarat (Kristen), Iqnatius Suharyo (Katholik), Ida Panglengsir Agung Putra Sukahet (Hindu) Bhikku Pannavaro Mahathera (Buddha) dan Chandra Setiawan (Khonghucu).
Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya untuk meningkatkan rasa cinta tanah air seluruh peserta kegiatan. Acara dilanjutkan dengan penyampaian pernyataan sikap oleh perwakilan seluruh agama yang disampaikan oleh masing-masing tokoh agama. Pada kesempatan ini para tokoh agama menyampaikan pentingnya mensosialisasikan nilai-nilai Pancasila dalam rangka menjaga kerukunan dan perdamaian antar umat beragama.
Acara selanjutnya adalah pengantar yang disampaikan oleh Bapak Lukman Hakim Saifuddin selaku Menteri Agama RI. Dalam pengantar yang beliau sampaikan, beliau mengajak seluruh tokoh agama, majelis agama dan seluruh ORMAS keagamaan untuk senantiasa mengedepankan moderasi beragama dan senantiasa memegang nilai-nilai ke-indonesia-an dalam beragama. Taat beragama itu berarti cinta ber-Indonesia, artinya setiap orang yang taat beragama maka sesungguhnya dia sedang mengamalkan nilai-nilai ke-Indonesia-an begitu juga sebaliknya ketika seseorang melaksanakan kewajiban sebagai warga negara maka saat itu juga dia sedang melaksanakan kewajibannya sebagai umat beragama begitu beliau menjelaskan.
Acara dilanjutkan dengan pengarahan oleh Presiden ke-5 RI, Ibu Megawati Sukarno Putri yang juga ditunjuk Presiden sebagai Ketua Dewan Pengarah BPIP. Dalam pengarahan, beliau mengajak kepada seluruh tokoh agama untuk senantiasa mensosialisasikan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Atau jika tidak mau menyebutnya dengan Pancasila, sebutlah Gotong Royong, karena sejatinya itulah nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila tegas beliau.
Kegiatan di Masjid Istiqlal ini diakhiri dengan foto bersama Ibu Megawati Sukarno Putri, Menteri Agama, Menteri Koordinator Bidang PMK, Wakil Ketua MPR beserta seluruh tokoh agama. Setelah menyelesaikan kegiatan di Istiqlal, seluruh peserta dan tamu kehormatan diajak menuju Istana Negara untuk menikmati jamuan makan siang dan mendapatkan pengarahan langsung dari Presiden RI, Bapak Joko Widodo

Editor: Hamdan Yuafi

Berita Lainnya
Jumat, 7 September 2018, 09:58

Menag: Sangat Penting Meningkatkan Kompetensi Manajemen Konflik Bagi Pengurus FKUB

Kamis, 6 September 2018, 09:13

Pembukaan Rakornas-Konferensi FKUB, Tokoh Agama Deklarasikan Tolak Politisasi SARA pada Pemilu 2019

Senin, 27 Agustus 2018, 12:11

Konsultasi FKUB Sulawesi Utara Hasilkan Usulan Honor Bagi Pengurus FKUB Se-Indonesia

Rabu, 15 Agustus 2018, 11:45

KH D. Zawawi Imron: Sudah Saatnya Kita mulai Menikmati Multikulturalitas di Indonesia, Bukan Mendebatkannya

Rabu, 15 Agustus 2018, 10:57

Workshop Multikulturalisme Pamekasan, Kakanwil Kemenag Jatim: Mari Kita Senantiasa Memuliakan Pemeluk Agama Lain