Rabu, 11 April 2018, 15:34

PKUB Terima Kunjungan Wakil Menteri Luar Negeri Polandia ke Indonesia

Wakil Menteri Luar Negeri Polandia (ke-5 dari kiri) saat berfoto bersama dengan pihak PKUB, Kemenlu RI dan Gereja Katedral di Masjid Istiqlal

Jakarta (Kemenag) Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) hari ini (11/4) menerima kunjungan kehormatan dari Polandia. Delegasi terdiri dari Wakil Menteri Luar Negeri Polandia, Duta Besar Polandia untuk Indonesia dan beberapa pejabat pemerintahan Polandia. Tujuan kedatangan mereka di Indonesia adalah untuk berbagi pengalaman pengelolaan kerukunan umat beragama di Indonesia.

Rombongan dihantarkan menuju Gereja Katedral dan Masjid Istiqlal untuk mengetahui lebih dalam mengenai suasana keberagamaan di Indonesia. Di Gereja Katedral rombongan diterima langsung oleh Ibu Susi selaku Public Relation Gereja Katedral dan Romo Joseph selaku salah satu kepala Paroki di bawah Kauskupan Agung Jakarta yang juga merupakan warga negara Polandia yang telah berdomisili di Indonesia. Di Gereja Katedral rombongan mendapatkan penjelasan mengenai sejarah gereja dan kehidupan beragama umat Katholik di Indonesia. Rombongan diantar untuk memasuki Museum Katedral, tempat di mana benda-benda bersejarah umat Katholik dijaga dan dirawat dengan baik.

Setelah dari Gereja Katedral, delegasi melanjutkan perjalanan ke Masjid Istiqlal dengan berjalan kaki dikarenakan letak Katedral dan Masjid Istiqlal hanya berseberangan jalan. Di Masjid Istiqlal delegasi diterima langsung oleh Bapak Bahrul Hayat selaku Ketua Badan Pengelola Masjid Istiqlal. Pertama-tama delegasi polandia diajak berdialog dengan Bapak Bahrul Hayat tentang kehidupan beragama di Indonesia. Indonesia is muslim majority country with 89 percent Moslem but we are not an Islamic State tutur sosok yang juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Agama ini. Setelah berdialog rombongan diajak untuk berkeliling Masjid Istiqlal. Rombongan diajak untuk memasuki ruang Sholat utama dan dijelaskan mengenai nilai-nilai filosofis yang ada di dalamnya. Terakhir rombongan juga diajak untuk merasakan langsung sensasi memukul beduk terbesar di Indonesia yang ada di Masjid Istiqlal.

Setelah melakukan kunjungan ke Gereja Katedral dan Masjid Istiqlal rombongan diajak untuk menikmati makan siang di Rumah Makan Warung Daun. Masih ditempat yang sama, setelah selesai makan siang rombongan berdialog ringan tentang kerukunan umat beragama di Indonesia bersama Bapak Ferimeldi selaku Kepala PKUB dan Bapak Arif Zamhari yang merupakan tokoh muda Nahdlatul Ulama.

Editor: Hamdan Yuafi

Berita Lainnya
Rabu, 21 Februari 2018, 10:28

Kementerian Agama Melalui PKUB Tekankan Moderasi Beragama dalam Menyambut Pilkada Serentak Tahun 2018

Selasa, 13 Februari 2018, 10:35

Sinergi Sangat Diperlukan Untuk Mencegah Paham Radikal di Indonesia

Selasa, 13 Februari 2018, 08:40

Peran Kementerian Agama dalam Mencegah Radikalisme

Senin, 12 Februari 2018, 22:15

Moderasi Agama Dalam Mencegah Konflik Agama di Tahun Politik

Senin, 21 Agustus 2017, 08:26

Kaji Terap KUB Kanwil Kemenag Babel Di Kanwil Kemenag NTT