Senin, 2 Oktober 2017, 09:26

Rasyid Ridha: Kerukunan Umat Beragama Untuk Kemajuan dan Pembangunan Bangsa

Karang Baru (Muhammad Sofyan) --- Dengan mengusung tema Bersatu Untuk Membangun Bangsa Dengan Semangat Tidak Saling Membedakan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Aceh Tamiang menggelar Seminar Kerukunan Umat Beragama, Rabu (27/9) di Aula Sanggar Kegiatan Bersama (SKB).

Ketua FKUB Tamiang,Harapantua dalam sambutannya berharap dengan adanya Seminar ini dapat menghindari gesekan-gesekan antara umat penganut Agama yang berbeda.

Kepada umat yang minoritas, Harapantua meminta mereka untuk menghormati aturan-aturan (Qanun/Perda) yang berlaku di Aceh, mengingat Aceh adalah Daerah dengan Otonomi Khusus yang salah satunya sebagai Daerah Penerapan Syari`at Islam, berbeda dengan daerah lain di Indonesia.

Ia juga berharap kepada yang minoritas untuk tidak mudah terprovokasi pihak-pihak luar, Bila ada permasalah atau keinginan-keinginan dapat disampaikan kepada FKUB, paparnya.

Sementara itu Asisten II, Rudianto dalam sambutannya mewakili Bupati Tamiang memaparkan bahwa Aceh Tamiang adalah Daerah yang tidak pernah terjadi Konflik antar Umat Beragama. Hal ini berkat tingginya kesadaran masyarakat untuk saling menghormati dalam hidup berdampingan antar umat yang berbeda Agama dan tak terlepas dari peran FKUB.

Rasyid Ridha, Staf Seksi Bimas Islam dalam paparan Materinya yang berjudul Pentingnya Menjaga Persaudara Antar Sesama Umat Beragama menyampaikan kerukunan antar umat beragama sangat penting karena (menurutnya) kerukunan antar umat beragama sangat berperan penting dalam kemajuam ekonomi dan pembangunan.

Masih menurut Rasyid Ridha, kerukunan antar umat beragama tidak bisa hanya dibebankan kepada pemerintah saja, tapi masyarakatlah yang menjadi unsur utama dan ujung tombaknya.[SY]

Berita Lainnya
Rabu, 15 Agustus 2018, 10:57

Workshop Multikulturalisme Pamekasan, Kakanwil Kemenag Jatim: Mari Kita Senantiasa Memuliakan Pemeluk Agama Lain

Selasa, 14 Agustus 2018, 11:37

Workshop Multikulturalisme Pamekasan: PTKIN dan Mahasiswa Harus Aktif dalam Upaya Kontra Narasi Melalui Sosial Media

Selasa, 14 Agustus 2018, 10:57

Pembukaan Workshop Multikulturalisme Pamekasan: Mahasiswa Jangan Sampai Berfikir Merubah Indonesia Menjadi Negara Agama

Kamis, 9 Agustus 2018, 10:16

IIS 2018: Tzu Chi Ajarkan Pendekatan Kemanusiaan Untuk Menjaga Kerukunan Umat Beragama di Indonesia

Rabu, 8 Agustus 2018, 14:40

IIS 2018, Bahrul Hayat: Organisasi Islam Transnasional adalah Tantangan Bersama