Jumat, 19 Mei 2017, 11:02

Kota Sibolga, Negeri Berbilang Kaum, Perekat Umat Beragama

Sibolga (Inhum). Perhelatan MTQN dan FSN tingkat Kota Sibolga memberikan banyak pemaknaan yang dalam, pemaknaan yang tinggi, kegiatan yang dapat menunjukkan betapa Kota Sibolga adalah daerah yang penuh kebersamaan, kerukunan dan saling menghargai dalam perbedaan. Masyarakat Kota Sibolga adalah kumpulan masyarakat yang saling memberikan dukungan, termasuk yang berkaitan dengan kegiatan keagamaan.

WKM III Humas MAN Sibolga Khairuman Lubis kepada Inhum Rabu, 17 Mei 2017 mengatakan, contoh besar dari apa yang dimaksudkan itu adalah saat kita sama sama menyaksikan pelaksanaan pawai taaruf dalam rangka MTQN dan FSN Kota Sibolga tahun ini, dimana yang ikut ambil bagian dan memeriahkan kegiatan itu tidak hanya sebatas kelompok atau individu dari kalangan muslim saja, akan tetapi juga diikuti oleh saudara saudara kita yang tidak seagama.

Ini kata Khairuman Lubis adalah cerminan nyata sikap dan kepribadian warga Kota Sibolga yang cinta berat pada kerukunan, persatuan dan kedamaian yang melibatkan seluruh kompoenan yang ada hingga lintas agama. Khairuman Lubis mengaku, sejak jaman dulu, Kota Sibolga memang sudah terkenal dengan kondisi ini, kondisi yang cukup membanggakan dan menggembirkan, dimana antar umat beragama tidak hanya sebatas saling menghormati, tetapi menberikan fungsi kebersamaan dan kerukunan yang abadi.

"Hidup di Kota Sibolga memang begini, semua elemen masyarakat memiliki i'tikad yang baik dan besar untuk saling mendukung satu sama lainnya, antar umat beragama berjalan dengan baik baik saja, semua saling memberikan tempat dan rasa hormat, " demikian kata Khairuman Lubis.

Senada dengan itu, Walikota Sibolga H.M Syarfi Hutauruk dalam sambutan yang disampaikan pada pelepasan pawai taaruf MTQN dan FSN Kota Sibolga mengatakan bahwa Pawai Taaruf tidak hanya diikuti umat Muslim semata, akan tetapi juga oleh umat Kristiani dan lainnya, hal ini merupakan bukti harmonisasi kerukunan umat beragama di Kota Sibolga ini. Pemerintah Kota Sibolga kata H.M. Syarfie Hutauruk mendukung seluruh kegiatan umat beragama di Kota Sibolga. Sebab, Kota Sibolga adalah Negeri Berbilang Kaum, perekat umat beragama yang ini memiliki tingkat kerukuran umat yang tetap terus terjalin dengan rukun dan damai.

Walikota Sibolga H.M. Sayrfie Hutauruk saat itu mengatakan, meskipun berbeda suku, agama, dan keyakinan, tetapi warga Kota Sibolga tetap bisa berada dalam persatuan, tetap dalam kerukunan dan kedamaian. H.M. Syarfie Hutauruk mengatakan harapan agar semua umat beragama di Kota Sibolga dapat menjalankan ibadahnya dengan baik. (SDP)

source : sumut.kemenag.go.id

repost : dita - pkub

Berita Lainnya
Selasa, 18 Juli 2017, 08:08

Buka STQ, Menag: Jaga Harmoni Sosial dan Kerukunan Beragama

Jumat, 14 Juli 2017, 15:29

Modul Kerukunan Siap Didistribusikan ke Sekolah

Kamis, 13 Juli 2017, 11:15

Dialog Kerukunan Intern Umat Kristen

Rabu, 12 Juli 2017, 15:08

Kemenag Serahkan Bantuan Pembangunan Vihara di NTB

Senin, 10 Juli 2017, 12:52

Kemenag Bantu Pembangunan Lima Rumah Ibadah di Jakabaring Sport City