Rabu, 17 Mei 2017, 10:30

Menag Harap FKUB Proaktif Dalam Upaya Preventif Bina Kerukunan

Bangka Tengah (Kemenag) --- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berdialog dengan para tokoh lintas agama dalam kunjungannya ke Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam kesempatan itu, Menag berharap Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) lebih aktif dalam upaya preventif menjaga kerukunan.

"FKUB diharapkan proaktif melakukan aktivitas preventif. FKUB harus lebih awal pada tataran preventif. Semua perbedaan bisa diselesaikan. Sebab, semua kita disatukan dengan semangat untuk menjunjung tinggi nilai agama," terang Menag di Bangka Tengah, Selasa (17/05).

Menag membantah penilaian bahwa FKUB adalah pemadam kebakaran, baru dibutuhkan saat terjadi konflik. Menurutnya, keberadaan FKUB sangat strategis dalam membina kerukunan.

Sebab, lanjut Menag, nalar sulit menerima kalau ada orang yang bersengketa karena alasan agama. "Semua agama ingin memanusiakan manusia. Semua agama ingin agar manusia terjaga harkat dan martabatnya," ujarnya.

Menag mengaku saat ini sedang membuat Rancangan Undang-undang tentang Perlindungan Umat Beragama (RUU PUB). Salah satu bab nya membahas FKUB yang diharapkan akan memperkuat posisinya, termasuk terkait anggaran.

"Harapannya, keberadaan RUU PUB ini akan membuat setiap kepala daerah mempunyai pemahaman dan perhatian yang sama terhadap FKUB," ujarnya.

Sebelumnya, ketua Fraksi Babel Subuh melaporkan bahwa kerukunan umat di Babel sangat kondusif. Perhatian Kanwil Kemenag Babel juga baik seiring fasilitasi kantor Sekretariat FKUB dan bantuan d anggaran setiap tahunnya.

Namun demikian, Subuh berharap ada perhatian yang sama antar pemerintah daerah di Indoensia terhadap FKUB. Menurutnya, selama ini masih beragam sehingga alokasi anggaran yang diberikan juga tidak sama.

Beberapa provinsi, seperti Banten, Jawa Timur, dan Sumut, mendapat alokasi anggaran cukup besar dari Pemprov, sementara daerah lainnya tidak. Subuh berharap ada aturan yang bisa menjadi acuan bersama. (mkd/mkd)

Berita Lainnya
Selasa, 13 Februari 2018, 15:50

Tasawuf Agama Sebagai Penangkal Paham Radikal

Selasa, 13 Februari 2018, 10:35

Sinergi Sangat Diperlukan Untuk Mencegah Paham Radikal di Indonesia

Selasa, 13 Februari 2018, 08:40

Peran Kementerian Agama dalam Mencegah Radikalisme

Senin, 12 Februari 2018, 22:15

Moderasi Agama Dalam Mencegah Konflik Agama di Tahun Politik

Rabu, 24 Januari 2018, 07:42

Senam Sehat Akhiri Gelaran HAB ke-72 Kemenag