Rabu, 17 Mei 2017, 10:28

MURI torehkan Kanwil Kemenag Sumbar dalam Rekor Dunia

Jakarta, Inmas - Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) adalah tempat dicatatnya data prestasi superlatif yang terjadi di Indonesia. Didirikan pada tanggal 27 Januari 1990 di Srondol, Semarang Selatan, berdirinya MURI diresmikan oleh dua Menteri Koordinator Republik Indonesia, Menko Kesra Soepardjo Roestam dan Menko Polkam Soedomo. Tak hanya itu, peresmian MURI juga disaksikan oleh Ketua PMI, Ibnu Sutowo dan Gubernur Jawa Tengah, Ismail.

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat mendapat kehormatan untuk hadir ke Kantor MURI di Mall Of Indonesia Jakarta, Jum'at (12/5). Kegiatan Deklarasi Gerakan Cinta Kerukunan mendapat penghargaan sebagai kegiatan yang menghadirkan peserta tokoh agama terbanyak dengan jumlah 1500 tokoh agama. Hadir dalam penyerahan tersebut, Kakanwil Kemenag Sumbar H. Salman didampingi Kabag TU H. Bustari, Kasubbag Hukum dan KUB H.M. Rifki dan Kasubbag Inmas H. Irwan. Langsung hadir dari pihak MURI, Senior Manager MURI Yusuf Ngadri yang menyerahkan secara langsung kepada H. Salman.

Dalam sambutannya, Yusuf Ngadri menyampaikan apresiasi dan atensinya kepada Provinsi Sumatera Barat, atas pencapaiannya menghadirkan 1500 tokoh agama dari seluruh penjuru provinsi. Yusuf Ngadri berharap dengan adanya kegiatan tersebut, kerukunan beragama di Sumatera Barat dapat dioptimalkan. H. Salman dalam arahannya mengucapkan terima kasih atas apresiasi MURI atas penghargaan yang diberikan. Hal ini menjadi pemicu semangat bagi kami di MinangKabau untuk dapat lebih meningkatkan kerukunan beragama dan menciptakan stabilitas kerukunan beragama ke arah yang lebih baik lagi.

Kemenag RI apresiasi Kinerja Kemenag Sumbar

Selepas menerima penghargaan, rombongan Kanwil Kemenag Sumbar bertolak ke Kantor Kementerian Agama RI di Jakarta. Rombongan disambut hangat oleh Sekjen Kemenag RI yang diwakili oleh Kepala Biro Umum H. Syafrizal dan didampingi Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama Ferimeldi. H. Syafrizal dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat atas prestasi yang ditorehkan Kanwil Kemenag Sumbar. Ini merupakan buah dari perwujudan kinerja ASN Kanwil kemenag Sumbar dalam menyukseskan misi Kementerian Agama. Beban kerja ASN Kemenag sangatlah berat, karena ASN Kemenag merupakan suri tauladan bagi masyarakat dalam kehidupan agama di Indonesia. Untuk itu, marilah kita semua bersama sama bahu membahu membangun toleransi dan kerukunan beragama agar tetap selalu damai dan harmonis.

Ferimeldi juga mengungkapkan apresiasinya kepada Kanwil Kemenag Sumbar. MURI sebagai lembaga non pemerintah ternyata memiliki kepedulian terhadap kerukunan umat beragama di Indonesia. Sebagai ASN di lingkungan Kementerian Agama yang selalu mengurus permasalahan agama dan keagamaan, jangan sampai ketinggalan dengan yang lain. Untuk itu, apa yang telah ditorehkan oleh Kanwil Kemenag Sumbar harus dapat dilampaui oleh Kanwil Kemenag Provinsi yang lain.

Sekilas flashback ke belakang, Kegiatan Gerakan Cinta Kerukunan ini dilaksanakan pada hari Minggu (2/4) di Hotel Rocky Padang. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin didampingi perwakilan dari Gubernur Sumbar, Kepala Daerah Kabupaten Kota di Sumbar, dan 1500 tokoh agama yang ada di Sumatera Barat. Kegiatan ini diisi dengan Pendeklarasian Kerukunan seluruh tokoh agama dan penandatanganan spanduk.(rhama)

Berita Lainnya
Kamis, 9 November 2017, 08:16

Menag: Agama Tidak Hanya Bisa Didekati Dengan Nalar, Tapi Juga Dengan Rasa

Jumat, 27 Oktober 2017, 08:22

Kasubbag Hukum dan KUB Hadiri Rapat Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial

Selasa, 24 Oktober 2017, 08:20

Lepas Gerak Jalan Kerukunan, Menag Ajak Umat Beragama Kedepankan Persamaan

Senin, 2 Oktober 2017, 09:44

FKUB Lubuk Linggau Studi Kerukunan ke Kepulauan Riau

Senin, 2 Oktober 2017, 09:33

Kanwil Kemenag Sumsel Utus Jurnalis, Kawal Kerukunan