Selasa, 16 Mei 2017, 11:16

Kemenag Asahan Gelar Acara Workshop FKUB

Kisaran ( Inhum ). Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Asahan diwakili Penyelenggara Syariah Imran membuka secara resmi kegiatan Workshop Penguatan Pemahaman PBM Nomor 9 Tahun 2006 dan Nomor 8 Tahun 2006 Kepada Pemuka Agama / Tokoh Agama Lintas Agama di Aula Kantor Camat Kota Kisaran Timur, Rabu 10 Mei 2017.

Imran menyampaikan bahwa Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB ) adalah wadah pemberdayaan umat beragama untuk menghimpun para pemuka agama baik yang memimpin maupun tidak memimpin ormas keagamaan yang menjadi panutan masyarakat.

FKUB merupakan tempat dimusyawarahkannya berbagai masalah keagamaan lokal dan dicarikan jalan keluarnya. KFUB ini akan bertugas melakukan dialog dengan pemuka agama dan masyarakat, menampung dan menyalurkan aspirasi ormas keagamaan dan masyarakat dan melakukan sosialisasi peraturan perundang-undangan dan kebijakan di bidang keagamaan yang berkaitan dengan kerukunan umat beragama dan pemberdayaan masyarakat, ucapnya

Ditambahkannya bahwa khusus FKUB tingkat kabupaten/kota salah satu tugasnya adalah memberikan rekomendasi tertulis atas permohonan pendirian rumah ibadah. FKUB itu bukan dibentuk oleh pemerintah tetapi dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi oleh pemerintah. Pada saat ini hanya FKUB tingkat kabupaten/kota yang diberi tugas untuk merekomendasikan atau permohonan pendirian rumah ibadah, meskipun di dalam kenyataan tentu saja FKUB kecamatan dan desa kalau ada dapat memberikan pertimbangannya.

Kegiatan diikuti enam puluh orang peserta, empat puluh orang Muslim, lima orang Kristen Protestan, lima orang Kristen Katolik, lima orang Budha, tiga orang Konghuchu, dua orang Hindu. Sebagai Narasumber adalah Kapolres Asahan, Dandim 0208 Asahan dan Kajari Kisaran, lapor ketua panitia kegiatan H. Parenta. (sm )

source : sumut.kemenag.go.id

repost : dita - pkub

Berita Lainnya
Jumat, 8 September 2017, 09:15

Rapat Pleno FKUB Kota Tangsel

Rabu, 6 September 2017, 14:17

Subbag Hukum dan KUB Kanwil Gelar Dialog Kerukunan di Teluk Pandan

Rabu, 6 September 2017, 12:18

Rajut Kerukunan, Tokoh Lintas Agama Sarolangun Adakan Dialog

Senin, 4 September 2017, 15:56

Kemenag Kota Padang Anggarkan Dana Tiap Tahun Untuk Pembinaan Kerumunan Umat Beragama

Senin, 4 September 2017, 15:32

Temu Penyuluh Lintas Agama Kepulauan Riau