Kamis, 5 Januari 2017, 11:29

Sekretaris FKUB Beberkan 7 Kriteria Tokoh Agama

Atambua (pkub) - Sekretaris Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kab. Belu, Rm. Paulus Nahak II, Pr membeberkan 7 kriteria menjadi tokoh agama yang diidam-idamkan masyarakat beragama.

Hal ini dikatakannya pada Kegiatan Dialog Musyawarah Tokoh Agama Se-Kab. Belu, Kamis (22/12/2016), bertempat di Aula Kantor.

Di hadapan para peserta, Romo Paulus (sapaan akrabnya), membeberkan 7 kriteria tokoh agama yang yang diharapkan oleh masyarakat beragama antara lain Pertama, Pelopor Toleraansi. Toleransi merupakan salah satu pilar utama dalam menciptakan dan melanggengkan kerukunan. Kedua, Pencinta Damai. Tokoh Agama yang mencintai damai otomatis telah membangun kerukunan hidup yang luar biasa.Dan kriteria ketiga adalah pelaku utama Obyektifitas. Ciri utama obyektifitas ialah salah ya salah, benar ya benar. Tanpa rekayasa. Tampil asli. Tak ada kepalsuan.Keempat, Mengabdi kepada Kepentingan Umum. Tokoh Agama yang mengabdi kepada kepentingan umum seyogianya telah menebarkan aroma sedap kerukunan dalam pelbagai jenis kehidupan, baik yang bersifat sosial kemasyarakatan umumnya, maupun yang bersifat keagamaan khususnya.Kriteria kelima yakni menjunjung tinggi kejujuran. Tokoh Agama yang hidup jujur merupakan penggalang hidup keagamaan.Sementara itu Kriteria Keenam adalah Mengandalkan Kebijaksanaan. Tokoh Agama yang bijak akan bertindak arif dan selalu menjadi penggalang keadilan dan damai.Dan Kriteria ketujuh adalah Menjadikan Tuhan Sumber Kerukunan Sejati. Tokoh Agama yang bermutu dan dapat diandalkan adalah Tokoh Agama yang hidupnya berpedoman dan bersumber pada Tuhan yang adalah sumber sejati dan yang empunya kerukunan itu sendiri.

Di akhir pemaparan materinya, Romo Paulus mengutip dari Kitab Mazmur, 133:1 yang berbunyi : Sungguh, alangkah indah dan baiknya apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun. (deky/nia)

source : ntt.kemenag.go.id

repost : dita-pkub

Berita Lainnya
Selasa, 2 Juli 2019, 10:50

Produksi Film Dokumenter Kerukunan, Tim Peneliti UGM Selenggarakan FGD di Singkawang

Senin, 1 Juli 2019, 13:03

Kunjungi PKUB, ICRS Diskusikan Diseminasi Kebebasan Beragama

Kamis, 27 Juni 2019, 21:55

Sekjen Kemenag: Kegiatan Kerukunan Harus Sering Libatkan Generasi Muda

Jumat, 21 Juni 2019, 12:00

Kunjungi Kantor PKUB, Asia Foundation Jajaki Kerjasama Program

Rabu, 15 Mei 2019, 09:54

Melalui Workshop Manajemen Isu Kerukunan, PKUB Perkuat Konduktor Pesan Kerukunan di Purwakarta