Kamis, 5 Januari 2017, 08:59

Kemenag Akan Gelar Pawai Kerukunan Umat Beragama

MATARAM(PKUB) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, akan menggelar pawai kerukunan antarumat beragama dalam rangka menyambut Hari Amal Bakti (HAB) ke-71 Kementerian Agama RI di Kota Mataram.

"Pawai kerukunan antarumat beragama ini merupakan salah satu rangkaian peringatan puncak HAB ke-71 Kemenag tanggal 3 Januari 2017, dan Kota Mataram menjadi tuan rumah peringatan HAB tingkat Provinsi NTB," kata Kepala Kemenag Kota Mataram H Buhanul Islam di Mataram, Jumat (11/11/2016).

Burhanul yang ditemui seusai mendampingi Kepala Kanwil Kemenag Provinsi NTB melakukan koordinasi persiapan HAB dengan Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh mengatakan, pawai kerukunan antarumat beragama akan diikuti perwakilan semua umat beragama di daerah ini.

"Baik itu umat muslim, hindu, maupun nasrani akan membaur dan berpartisipasi dalam pawai kerukunan antarumat beragama," katanya.

Akan tetapi, katanya, tanggal pasti pelaksanaanya belum dietapkan, namun Wali Kota Mataram memberikan arahan pawai digelar saat hari libur agar semua masyarakat bisa menyaksikan pawai tersebut.

Dikatakan, kegiatan pawai kerukunan antarumat beragama betujuan untuk memperlihatkan kerukunan antarumat beragama di daerah ini khususnya di Kota Mataram, sehingga harus dipertahankan.

Sebagai ibu kota provinsi, penduduk Kota Mataram sangat heterogen, dari berbagai agama, suku dan ras, namun bisa tinggal dan hidup berdampingan dengan penuh rasa toleransi.

"Digelarnya pawai kerukunan antarumat beragama bukan karena kondisi dan suasana negara saat ini," katanya.

Kendati demikian, dia berharap kegiatan pawai kerukunan antarumat beragama dalam rangkaian HAB Kemenag bisa lebih mempererat persaudaraan umat beragama di daerah ini dan di Indonesia secara umum.

Sementara, lanjut Kepala Kemenag Kota Mataram, upacara puncak HAB Kemenag tingkat Provinsi NTB akan digelar di Taman Sangkareang dan diikuti sekitar 2.500 perserta.

"Para peserta merupakan perwakilan dari semua unsur pemerintah dan Kemenag se-NTB. Setelah upacara, kegiatan dirangkaikan dengan ramah tamah di Pendopo Wali Kota Mataram," katanya. (dita/pkub)

Source : NETRALNEWS.COM

Berita Lainnya
Selasa, 2 Juli 2019, 10:50

Produksi Film Dokumenter Kerukunan, Tim Peneliti UGM Selenggarakan FGD di Singkawang

Senin, 1 Juli 2019, 13:03

Kunjungi PKUB, ICRS Diskusikan Diseminasi Kebebasan Beragama

Kamis, 27 Juni 2019, 21:55

Sekjen Kemenag: Kegiatan Kerukunan Harus Sering Libatkan Generasi Muda

Jumat, 21 Juni 2019, 12:00

Kunjungi Kantor PKUB, Asia Foundation Jajaki Kerjasama Program

Rabu, 15 Mei 2019, 09:54

Melalui Workshop Manajemen Isu Kerukunan, PKUB Perkuat Konduktor Pesan Kerukunan di Purwakarta