Selasa, 13 Agustus 2019, 09:29

Pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama FKUB

APA ITU FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA?

Berdasarkan Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 8 dan 9 Tahun 2006 Tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah Dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama, Pemberdayaan Forum KerukunanUmat Beragama Dan Pendirian Rumah Ibadat dijelaskan bahwa Forum Kerukunan Umat Beragama, yang selanjutnya disingkat FKUB, adalah forum yang dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi oleh Pemerintah dalam rangka membangun, memelihara, dan memberdayakan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan. Pemerintah dalam hal ini adalah pemerintah pusat dan pemerintah daerah dimana FKUB itu berada.

ADA DIMANA SAJA FKUB ITU?

FKUB dibentuk di provinsi dan kabupaten/kotadibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi oleh pemerintah daerah.Keanggotaan FKUB terdiri atas pemuka-pemuka agama setempat.

BAGAIMANAKAH KOMPOSISI KEPENGURUSAN FKUB?

Jumlah anggota FKUB provinsi paling banyak 21 orang dan jumlah anggota FKUB , kabupaten/kota paling banyak 17 orang.FKUB dipimpin oleh 1 (satu) orang ketua, 2 (dua) orang wakil ketua, 1(satu) orang sekretaris, 1 (satu) orang wakil sekretaris, yang dipilih secara musyawarah oleh anggota.

ADAKAH DEWAN PENASEHAT FKUB DAN SIAPA SAJA MEREKA?

Dalam memberdayakan FKUB, dibentuk Dewan Penasihat FKUB di provinsi dan kabupaten/kota.

Keanggotaan Dewan Penasehat FKUB provinsi ditetapkan oleh gubernur dengan susunan keanggotaan sebagai berikut:

  • Ketua: Wakil Gubernur
  • Wakil Ketua: Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi
  • Anggota: Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi
  • Anggota: Pimpinan Instansi Terkait

Keanggotaan Dewan Penasehat FKUB kabupaten/kota ditetapkan oleh walikota/bupati dengan susunan keanggotaan sebagai berikut:

  • Ketua: Wakil Bupati/Walikota
  • Wakil Ketua: Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota
  • Anggota: Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan PolitikKabupaten/Kota
  • Anggota: Pimpinan Instansi Terkait

APAKAH ADAUPDATE DATA FKUB TERBARU?

Berdasarkan data pada Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Kementerian Agama RI, saat ini sudah terbentuk FKUB di 34 Provinsi dan 509 Kabupaten dan Kota. Kabupaten/Kota yang belum terbentuk FKUB adalah Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Pesisir Selatan di Sumatera Barat serta Kabupaten Manokwari Selatan dan Kabupaten Pegunungan Arfak di Provinsi Papua Barat.